Viral di Media Sosial, Polisi Amankan Truk yang Dikendarai Anak 12 Tahun di Tol Cikampek

Polda Metro Jaya berhasil mengamankan satu unit mobil truk trailer yang sempat viral di media sosial karena dalam video tersebut truk itu dikendarai

Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus bersama Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo saat mengumumkan penangkapan satu unit truk trailer yang viral di media sosial, di Polda Metro Jaya, Jumat (30/4/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya berhasil mengamankan satu unit mobil truk trailer yang sempat viral di media sosial karena dalam video tersebut truk itu dikendarai oleh anak berusia 12 tahun di jalur tol Cikampek.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, dalam video yang salah satunya diunggah oleh akun @cetul.22 di Instagram tersebut diketahui pengendara truk tengah melaju ke arah Tasikmalaya.

"(Kami amankan) satu truk yang dikendarai oleh seorang anak yang pada saat itu umurnya 12 tahun diakui dia akan ke Tasikmalaya sempat viral di media sosial," kata Yusri kepada awak media di Polda Metro Jaya, Jumat (30/4/2021).

Lanjut kata Yusri dalam proses pengamanan truk tersebut, pihaknya juga telah meminta klarifikasi dari sopir asli truk plat kuning itu yang berinisial H (33).

Menurut pengakuan H, dirinya menyerahkan kendali kepada si anak yang merupakan ponakannya tersebut karena dia mengaku merasa kantuk berat.

Jadi kata dia, kendaraan yang dibawa ponakannya tidak sepenuhnya dikendarai hingga Tasikmalaya, hanya sekitar 7 kilometer.

Adapun jarak tempuh yang dilalui ponakannya itu mulai dari Kilometer 12 hingga kilometer 19 tol Cikampek.

Baca juga: Viral Video Bocah 12 Tahun Nyetir Truk Tronton Sambil Ngerokok, Pelaku Berhasil Diamankan Polisi

"Dibawa sekitar kurang lebih hampir 30 menit saja, karena pada saat itu memang sopir aslinya mengantuk sekali kemudian digantikan oleh anak ini ke rest area selanjutnya," tutur Yusri.

Atas kejadian ini Yusri meminta pengawasan kepada setiap orang tua untuk lebih bijak dalam mengawasi sang anak.

Pasalnya, kejadian tersebut berpotensi menimbulkan kecelakaan, mengingat setiap jenis kendaraan memiliki aturan batas usia pengendaranya.

"Ini sangat berbahaya dampaknya bagaimana anak di bawah umur belum pantas memiliki SIM membawa truk sebesar ini kemudian menabrak orang, mati. ini yang harus dihindari," tukasnya.

Sebagai informasi, sempat beredar viral sebuah video pada pertengahan April 2021di media sosial yang menunjukkan percakapan antara kedua orang sopir di jalan tol yang diduga terjadi dikawasan Cikampek.

Dalam video tersebut, sopir yang merekam percakapan keduanya itu menanyakan usia dari pengendara truk yang berada tepat di sampingnya yang merupakan masih anak-anak.

Anak tersebut langsung menjawab bahwa usianya 12 tahun.

Tak hanya itu, perekam video tersebut juga menanyakan tujuan dari sang anak yang membawa truk bermuatan tersebut.

Anak itu menjawab bahwa dirinya akan menuju ke Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jawaban dari sang anak sontak membuat si perekam video yang tak diketahui namanya itu tertawa.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved