Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Hari Kedua Larangan Mudik, Pos Penyekatan di Bawah Tol Bitung Tangerang Sepi Pemudik

Sejak siang hingga sore hari pukul 16.00 WIB sejumlah kendaraan yang tampak mencurigakan telah diberhentikan oleh petugas gabungan dari Kepolisian,

Tribunnews.com/Gita Irawan
Suasana di Pos Penyekatan Pemudik di Bitung Kabupaten Tangerang pada hari kedua kebijakan larangan mudik pada Jumat (7/5/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pos penyekatan pemudik di bawah Tol Bitung Kabupaten Tangerang terpantau sepi pemudik di hari kedua berlakunya kebijakan larangan mudik pada Jumat (7/5/2021).

Sejak siang hingga sore hari pukul 16.00 WIB sejumlah kendaraan yang tampak mencurigakan telah diberhentikan oleh petugas gabungan dari Kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan TNI.

Namun demikian, mereka bisa menunjukkan surat-surat kelengkapan yang dibutuhkan antara lain SIKM dan surat keterangan negatif covid-19.

Sejak siang hari terlihat bus-bus yang lalu lalang juga tampak tidak memuat pemudik.

Hal tersebut tampak dari kaca bus yang tembus pandang.

Kepala Urusan Bina Operasi Satlantas Polres Tangsel Ipda Dede Suprianto menjelaskan kemungkinan sepinya pemudik terjadi karena penyekatan berlapis di wilayah Tangerang Selatan dan Tangerang berjalan dengan baik.

"Jadi Bitung ini merupakan jalur perlewatan juga. Di mana di Jatiuwung itu sudah disekat, sudah dipilah-pilah," kata Dede pada Jumat (7/5/2021).

Selain itu, kata Dede, hal tersebut juga kemungkinan terjadi karena banyak masyarakat yang sudah sadar akan kebijakan tersebut.

Sejak hari pertama kebijakan larangan mudik, kata Dede, hanya sekitar 13 sampai 15 kendaraan pemudik yang diputar balik di pos tersebut.

Meski kebanyakan dari kendaraan tersebut beroda empat, kata Dede, namun ada juga kendaraan roda dua pemudik yang diputarbalik.

"Rata-rata mereka mainnya di malam hari, tapi sampai saat ini hanya di hari pertama saja yang banyak. Hari kedua kalau saya perhatikan mulai sepi, bahkan tidak ada terlihat," kata Dede.

Dede mengatakan kendaraan yang dicurigai sebagai kendaraan pemudik tersebut memiliki ciri-ciri tertentu antara lain berkaca gelap dan merupakan kendaraan jenis MPV.

Baca juga: Anggota DPRD Jabar Tinjau Pos Penyekatan Mudik di SPBU Cilangkap: Cek Kesiapan Petugas

"Kalau yang sepeda motor terlihat jelas karena membawa barang-barang bertumpuk," kata Dede.

Dede mengatakan petugas gabungan tetap akan  melakukan penyekatan pemudik hingga tanggal 17 Mei mendatang.

Hingga pukul 16.30 WIB arus lalu lintas di sekitar lokasi Pos Penyekatan Pemudik di Bitung Kabupaten Tangerang ramai lancar.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved