Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Antisipasi Arus Balik Lebaran 2021, Terminal Kalideres Siapkan Posko Test Antigen Untuk Pemudik

Dalam rangka mengantisipasi arus balik mudik Lebaran 2021, Terminal Kalideres, Jakarta Barat, mendirikan posko tes antigen bagi penumpang.

Tribunnews.com/ Vincentius Jyestha
Petugas melakukan random check antigen kepada penumpang yang tiba di Terminal Kalideres, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (16/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka mengantisipasi arus balik mudik Lebaran 2021, Terminal Kalideres, Jakarta Barat, mendirikan posko tes antigen bagi penumpang.

Pihak terminal menyiapkan alat test antigen untuk para penumpang yang tidak mengantongi surat bebas Covid-19 saat tiba di terminal.

Hal ini dilakukan untuk memastikan para penumpang terbebas dari Covid-19 sepulang dari kampung halaman.

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen memastikan, pihaknya telah menyiapkan posko atau check point untuk menyambut arus balik mudik Lebaran 2021 yang diperkirakan terjadi pada malam ini.

Baca juga: Tercatat 45 Pemudik Tiba di Terminal Kalideres Hingga H+3 Lebaran, Semuanya Negatif Covid-19

"Penumpang yang datang langsung diperiksa mulai pengecekan suhu tubuh dan juga akan dilakukan random tes antigen atau genose nanti secara acak kita akan periksa," kata Revi kepada wartawan, Minggu (16/5/2021).

Pemeriksaan antigen dilakukan dua cara.

Pertama, apabila penumpang yang tiba di Kalideres ternyata jumlahnya sedikit, maka petugas akan meminta semua penumpang tersebut menjalani pemeriksaan test antigen.

Baca juga: Hingga H+1 Lebaran, Lebih dari 68 Ribu Kendaraan Diputar Balik, Terbanyak Pemudik Sepeda Motor

Namun, jika jumlah penumpangnya banyak maka metode pemeriksaan yang digunakan dengan cara random sampling atau acak.

Selain itu, Revi memastikan otoritas terminal telah menyiagakan tim medis di posko.

Terdapat pula bus sekolah yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk mengangkut penumpang apabila hasil testnya positif Covid-19.

"Sudah disiapkan petugas medis juga dan bus sekolah untuk merujuk penumpang yang positif Covid-19. Nanti kita akan rujuk ke puskesmas yang ada di kalideres. Kita sudah menyiapkan lima armada bus sekolah," ujar Revi.

Penulis: Fandi Permana
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved