Breaking News:

Lebaran 2021

Suasana Terkini di Ragunan Usai Ditutup Sementara, Dijaga Ketat TNI Polri dan Satpol PP

Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan ditutup per Minggu (16/5/2021) atau H+3 Lebaran Idul Fitri. Bagaimana susana di sana saat penutupan?

Tribunnews.com/Reza Deni
Harsono RM. Gerbang depan Ragunan juga terlihat ditutup pada Minggu (16/5/2021) 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan ditutup per Minggu (16/5/2021) atau H+3 Lebaran Idul Fitri. Bagaimana susana di sana saat penutupan?

Pantauan Tribunnews.com, petugas gabungan dari TNI-Polri serta Satpol PP menjaga pintu masuk TM Ragunan di Jalan Harsono RM. Gerbang depan Ragunan juga terlihat ditutup pada Minggu (16/5/2021)

Petugas di lapangan tampak memberikan pengumuman melalui pengeras suara kepada para pengunjung.

"Diberitahukan kepada bapak dan ibu pengunjung Taman Margasatwa Ragunan bahwa Ragunan ditutup hari ini dan akan dibuka kembali Selasa 18 Mei 2021," kata petugas yang berjaga melalui pengeras suara, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: Picu Kerumunan, Ancol, TMII dan Ragunan Tutup, Besok Baru Buka, Dinas Pariwisata Evaluasi Prokes

Baca juga: Swafoto Wisatawan Kedung Ombo Berakhir Pilu, Terpesona Warung Apung, Perahu Pun Terbalik

Mendengar pengumuman, para pengunjung berhenti di sisi kiri jalan. Kebanyakan dari para pengunjung mengendarai sepeda motor

Terlihat beberapa petugas langsung memberikan informasi langsung kepada para pengunjung tersebut.

Namun, tak sedikit pula memilih untuk memutar balik ketika mendengar pengumuman tersebut.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta telah memutuskan menutup sementara tiga kawasan usaha pariwisata.

Harsono RM. Gerbang depan Ragunan juga terlihat ditutup pada Minggu (16/5/2021)
Harsono RM. Gerbang depan Ragunan juga terlihat ditutup pada Minggu (16/5/2021) (Tribunnews.com/Reza Deni)

Ketiganya meliputi Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan.

"Penutupan sementara ini dilakukan pada 16-17 Mei 2021 dan diperbolehkan buka kembali pada 18 Mei 2021," kata Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gumilar Ekalaya dalam siaran pers yang diterima, Minggu (16/5/2021).

Dia menyampaikan penutupan sementara ini diberlakukan guna penguatan protokol kesehatan, Mengingat, ketiga kawasan wisata tersebut menjadi rujukan warga untuk mengisi waktu libur lebaran/Idulfitri 1442 H.

Pengunjung menyaksikan gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (14/5/2021). Pemprov DKI Jakarta pada libur Lebaran 2021 membuka sejumlah tempat wisata, salah satunya Taman Margasatwa Ragunan, namun hanya khusus bagi warga ber-KTP DKI Jakarta dan membatasi jumlah wisatawan dengan kapasitas 30 persen. Tribunnews/Herudin
Pengunjung menyaksikan gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (14/5/2021). Pemprov DKI Jakarta pada libur Lebaran 2021 membuka sejumlah tempat wisata, salah satunya Taman Margasatwa Ragunan, namun hanya khusus bagi warga ber-KTP DKI Jakarta dan membatasi jumlah wisatawan dengan kapasitas 30 persen. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

"(Penutupan sementara) Berdasarkan hasil evaluasi, adanya peningkatan pengunjung pada tanggal 14-15 Mei 2021. Kami meminta pengelola Taman Impian Jaya Ancol, TMII, dan Taman Margasatwa Ragunan untuk menutup sementara kawasan wisata tersebut selama dua hari," kata Gumilar.

Lebih lanjut, Gumilar juga mengimbau kepada pengelola tempat wisata dan masyarakat agar tidak melonggarkan protokol kesehatan di masa libur lebaran ini sehingga, tidak terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta.

"Ini perlu kerja bersama. Semoga ke depannya, baik pengelola tempat wisata maupun masyarakat, tidak longgar dalam menerapkan protokol kesehatan. Kami akan evaluasi terus dalam hal pembukaan tempat-tempat pariwisata di Jakarta," pungkasnya.

Penulis: Reza Deni
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved