Breaking News:

Virus Corona

Polda Metro: Selama PPKM Darurat, Ojol dan Kendaraan Logistik Boleh Melintas di Area Penyekatan

Untuk perbaikan kelancaran lalu lintas saat PPKM Darurat, di wilayah DKI Jakarta sudah diberlakukan dedicated line jalur Transjakarta.

Editor: Choirul Arifin
Warta Kota/Alex Suban
Petugas gabungan dari TNI dan Polri menjaga perbatasan Bekasi dan Jakarta Timur saat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, di Jalan Kalimalang, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (5/7/2021). Petugas yang menjaga kawasan itu dengan kendaraan lapis baja jenis panser dan kendaraan taktis Barracuda meminta pengendara putar arah kembali ke wilayahnya saat pelaksanaan PPKM Darurat. Warta Kota/Alex Suban 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya menyatakan, angkutan ojek online (Ojol) dan kendaraan angkutan barang logistik termasuk layanan pengiriman menggunakan ojol atau sepeda motor boleh melintas keluar masuk DKI Jakarta.

Penegasan tersebut disampaikan Polda Metro Jaya usai terdapat sejumlah keluhan terutama dari mitra Ojol yang terhambat saat bertugas di tengah pemberlakuan PPKM Darurat Jawa-Bali yang berlangsung mulai 3 Juli sampai 20 Juli 2021.

“Logistik dan Ojol boleh (melewati penyekatan wilayah perbatasan saat pemberlakuan PPKM Darurat)” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada awal media seperti dikutip Tribunnews, Selasa (6/7/2021).

Terkait dengan masih adanya keluhan dari pengemudi kendaraan logistik dan Ojol karena tidak bisa melewati penyekatan, Sambodo menyatakan hal tersebut diduga karena kepadatan yang terjadi di sekitar lokasi pemeriksaan pada area wilayah perbatasan.

“Mungkin kena macet sebelum penyekatan,” ujarnya.

Baca juga: Cerita Warga Depok Lolos Titik Penyekatan ke Jakarta dengan Melewati Jalur Tikus

Sambodo menegaskan, mengacu pada etentuan yang berlaku pada PPKM Darurat, Ojol dan angkutan logistik termasuk layanan pengiriman menggunakan sepeda motor tetap diizinkan melintas.

Baca juga: Klakson Bersahutan, Kendaraan dari Depok ke Jakarta Diputar Balik di Flyover Depan Kampus IISIP

Hal tersebut seiring dengan peran signifikan keduanya untuk menjamin pasokan barang kebutuhan tetap lancar di saat mayoritas masyarakat, khususnya di wilayah Jawa-Bali harus lebih banyak beraktivitas di rumah.

Baca juga: Pengendara Motor Selain Ojol dan Nakes Diputar Balik di Pos Penyekatan Bintaro

Kelancaran pengiriman barang yang terutama didukung oleh mobilitas Ojol juga diyakini sebagai bagian dari upaya sektor UMKM baik industri kecil maupun rumahan untuk tetap bergerak di tengah terbatasnya aktivitas ekonomi.

Sambodo menjelaskan, untuk perbaikan kelancaran lalu lintas saat PPKM Darurat, di wilayah DKI Jakarta sudah diberlakukan dedicated line jalur Transjakarta.

Dari semula hanya khusus untuk bus Transjakarta diperluas penggunaannya untuk ambulan, mobil jenazah, dan mobil transporter oksigen.

Sebelumnya ramai diberitakan bahwa Ojol mengalami kesulitan mengantar barang pesanan konsumen, terutama di area Jabodetabek.

Para driver mitra Ojol harus mencari “jalan tikus” untuk menjemput dan mengantar pesanan tersebut dan tidak sedikit di antaranya memilih menyerah karena kebingungan melintas jalur mana.

Kebingungan para mitra Ojol yang tetap mencari nafkah pada situasi seperti saat ini terjadi pada hari perdana pemberlakuan PPKM Darurat.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved