Breaking News:

Virus Corona

Berita Vaksin Palsu Tahun 2016 Beredar Lagi di Grup WA, Bikin Resah Warga Bekasi

Sajekti Rubiah mengatakan, banyak masyarakat yang mempertanyakan isi berita tahun 2016 dikaitkan dengan vaksinasi Covid-19.

Shutterstock
Ilustrasi vaksinasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi menyikapi video viral berita Kompas TV terkait vaksin palsu yang telah dipublikasi tahun 2016 lalu.

Berita tersebut belakangan beredar di jejaring pesan singkat WhatsApp.

Pesan berantai berisi video berita tentang vaksin palsu tahun 2016 itu dijadikan bahan hoax, membuat resah masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

Kepala Bagian Humas Setda Pemerintah Kota Bekasi Sajekti Rubiah mengatakan, banyak masyarakat yang mempertanyakan isi berita tahun 2016 dikaitkan dengan vaksinasi Covid-19.

"Video berdurasi 2.06 menit ini merupakan produksi media Kompas TV pada 2016 saat kasus tersebut menjadi perhatian publik," kata Sajekti, Selasa (20/7/2021).

Baca juga: Satgas Covid-19: Vaksinasi di Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah Perlu Ditingkatkan

Masyarakat diminta jangan terpancing dan mengaitkan dengan situasi Pandemi Covid-19 saat ini, sebab, kasus vaksinasi palsu tahun 2016 merupakan vaksin anak dan sudah diproses hukum.

"Untuk itu, diharapkan warga tidak terlalu mempersoalkan beredarnya kembali video tersebut dan kasus tersebut telah diproses pihak berwajib," jelasnya.

Sajekti menambahkan, adegan pada video berita Kompas TV memang terjadi di wilayah Bekasi. Bahkan, ada beberapa cuplikan terjadi di Kantor Dinas Kesehatan Kota Bekasi lama.

"Beberapa hal yang menunjukan kondisi pada video tersebut terjadi pada 2016 yakni kantor Dinas Kesehatan Kota Bekasi saat itu masih berada di Jalan Jenderal Sudirman seberang Grand Mall," ucapnya.

"Kondisi terkini Dinas Kesehatan Kota Bekasi telah menempati kantor barunya di jalan Pangeran Jayakarta Medan Satria sejak 19 Desember 2018 setelah diresmikan Wali Kota Bekasi Dr H Rahmat Effendi," tambahnya.

Dalam cuplikan video juga memperlihatkan kondisi rumah sakit yang pada waktu itu masih beroperasi, padahal kondisi saat ini rumah sakitnya sudah tutup operasional.

"Ini menegaskan video tersebut diproduksi pada waktu kasus pertama kali terjadi di tahun 2016," tegasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Berita Kompas TV Soal Vaksin Palsu Tahun 2016 di Bekasi Viral Jadi Bahan Hoaks

Editor: Hasanudin Aco
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved