Breaking News:

Anies Sebut Pernyataan Presiden AS Soal Jakarta Tenggelam Bukti Indonesia Acuan Ekosistem Dunia

Anies Baswedan mengatakan pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden soal prediksi Jakarta tenggelam, punya 2 makna penting.

Tangkap Layar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 

TRIBUNNEWS.COM,  JAKARTA - Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden soal prediksi Jakarta tenggelam, punya 2 makna penting.

Pertama, Anies menyebut pernyataan Biden dapat dimaknai bahwa Indonesia saat ini menjadi perhatian dan acuan bagi dunia, untuk mengukur sehat tidaknya ekosistem bumi hari ini.

"Penyebutan prediksi Jakarta tenggelam, dalam hemat kami menyampaikan 2 hal penting. Pertama ini menunjukkan bahwa Indonesia menjadi perhatian masyarakat internasional dan dianggap penting sebagai salah satu tempat yang menunjukkan sehat tidaknya ekosistem bumi kita hari ini," terang Anies dalam webinar Jakarta Tenggelam, Selasa (10/8/2021) malam.

Baca juga: Anies: Prediksi Jakarta Tenggelam Bukan Hal Baru

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam webinar Jakarta Tenggelam: Kupas Tuntas Statement Presiden Amerika, di kanal Youtube Ikatan Alumni ITB, Selasa (10/8/2021) malam.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam webinar Jakarta Tenggelam: Kupas Tuntas Statement Presiden Amerika, di kanal Youtube Ikatan Alumni ITB, Selasa (10/8/2021) malam. (Tribunnews.com/Danang Triatmojo)

Menurutnya kondisi tersebut dapat dimanfaatkan Indonesia untuk lebih mendorong suara jernih dan lantang dalam forum internasional, terkait penciptaan kebijakan lebih hijau di tingkat perkotaan.

Kata Anies, hal ini sudah dilakukan Pemprov DKI dengan mendorong kerjasama tersebut pada forum - forum antar kota dunia.

"Jakarta mencoba melakukan itu dalam forum antar kota. Kami mencoba mendorong kerjasama untuk menciptakan kebijakan lebih hijau di level kota," terangnya.

Baca juga: Lapang Dada, Anggota DPRD Kota Tangerang Terima Batalnya Pengadaan Seragam Baru Rp 675 Juta

Anies melanjutkan, makna kedua dari pernyataan Biden ialah pesan sangat jelas bahwa Presiden AS itu sedang mencoba mengubah paradigma ekonomi negaranya sendiri.

Dengan kata lain, sesungguhnya pernyataan Biden soal Jakarta tenggelam, mempunyai target domestik.

Di mana kala Presiden AS Donald Trump menjabat, kebijakan yang diterapkan berseberangan dengan kelestarian lingkungan.

Sehingga Biden lewat pidatonya, berupaya mengajak negaranya mengubah paradigma ekonomi mereka.

Baca juga: Setelah Menteri Sandiaga Uno, Bupati Bogor Juga Komentari Bendera Putih di Wilayahnya

"Pesan kedua, kalau kita boleh memaknai, ini pesan sangat jelas dari Presiden Amerika bahwa sedang mencoba paradigma ekonomi. Dugaan kami, dia sedang berbicara pada domestik audensi, mengubah paradigma di dalam negeri.," kata Anies.

"Biden sedang mengajak Amerika untuk melakukan pertaubatan paradigmatik. Karena kita tahu posisi Amerika pada tahun sebelumnya, berseberangan sekali," sambungnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved