Breaking News:

Cegah Penurunan Tanah, Pemprov DKI Targetkan 100 Persen Cakupan Air Perpipaan pada 2030

Yusmada Faizal menargetkan, cakupan layanan air bersih melalui jaringan perpipaan bisa mencapai 100 persen pada 2030 mendatang.

Dok. Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau salah satu tempat pengolahan air. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beragam upaya dilakukan Pemprov DKI Jakarta guna memastikan seluruh warga ibu kota bisa mendapatkan akses air bersih.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal menargetkan, cakupan layanan air bersih melalui jaringan perpipaan bisa mencapai 100 persen pada 2030 mendatang.

“Strategi dan upaya terus kami susun dalam rangka pengembangan dan pengelolaan air bersih untuk mencapai cakupan pelayanan 100 persen pada 2030,” ucapnya, Kamis (23/10/2021).

Sebagai informasi, cakupan pelayanan air bersih di daratan Jakarta melalui jaringan perpipaan saat ini baru mencapai 64 persen.

Sedangkan, cakupan pelayanan air bersih di Kabupaten Kepulauan Seribu melalui jaringan perpipaan dan kios air sudah mencapai 90 persen.

Yusmada menyebut, cakupan pelayanan air bersih melalui jaringan perpipaan terus ditingkatkan guna mencapai keadilan sosial serta kualitas hidup merata warga DKI Jakarta.

anies cek air12
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau lokasi pengolahan air bersih di ibu kota.

Guna mewujudkan hal itu, ada dua strategi yang dijalankan Pemprov DKI, yaitu internal dan regional.
Image

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau lokasi pengolahan air bersih di ibu kota (Dok. Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta)
Strategi internal meliputi efisiensi pemakaian air dan pengurangan non revenue water (NRW), pemanfaatan air permukaan (waduk dan kali) sebagai sumber air baru Instalasi Pengolahan Air (IPA), serta desalinasi dengan dengan IPA berteknologi Sea Water Reserve Osmosis (SWRO).

Untuk diketahui, NRW merupakan selisih jumlah air yang masuk ke sistem (suplai) dengan air yang tercetak di rekening.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved