Breaking News:

LPBI NU DKI Jakarta Dorong Budaya Sadar Lingkungan di Ibu Kota

Hal tersebut diungkapkan pada prosesi pelantikan pengurus LPBI NU DKI Jakarta periode 2021-2026.

Editor: Hasanudin Aco
ist
Pelantikan pengurus LPBI NU DKI Jakarta periode 2021-2026. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) DKI Jakarta Laode Kamaludin mengajak masyarakat ibu kota meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Hal tersebut diungkapkan pada prosesi pelantikan pengurus LPBI NU DKI Jakarta periode 2021-2026.

Menurut Laode, salah satu yang menjadi tantangan masyarakat DKI Jakarta saat ini adalah ancaman bencana yang disebabkan kerusakan lingkungan, sehingga upaya preventif perlu dilakukan oleh seluruh masyarakat.

"Kita mendorong budaya sadar bencana kepada masyarakat, kita akan terus melakukan edukasi pada masyarakat supaya pengendalian kerusakan lingkungan harus dilakukan bersama-sama, ancaman bencana dan perubahan iklim yang terus membayangi masa depan kita," ujar Laode Kamaludin, Sabtu (30/10/2021).

Baca juga: Tantangan Ketum PBNU Mendatang, Harus Sanggup Jadi Pemersatu Umat

Laode menegaskan, sebagai ketua LPBI NU DKI Jakarta kedepan ingin mengajak seluruh jajarannya fokus pada edukasi dan kampanye sadar lingkungan kepada masyarakat.

"Sampah yang mungkin dianggap kurang bernilai mungkin kedepan harus mulai digaungkan supaya masyarakat sadar bahwa sampah memiliki nilai tambah yang dapat dimanfaatkan," tegas Laode.

Laode juga mengingatkan kepada seluruh pihak untuk tidak lagi bergantung pada air tanah, khususnya pada pengelola mall dan gedung di DKI Jakarta karena mendorong penurunan tanah dan dapat berdampak pada bencana banjir.

Sementara itu, ketua PWNU DKI Jakarta Samsul Ma'arif mengatakan dalam pengendalian lingkungan, pihaknya juga mendorong upaya kajian keagamaan.

"Kedepan kita sedang membuat panduan dari perspektif agama, perspektif fiqh bagaimana NU dapat ikut andil dalam kajian tata kota. Secara keilmuan kita harus memberikan antisipasi yang nanti akan diberikan kepada kepala daerah dalam perspektif agama semisal tata kelola air dalam agama harus menjadi milik bersama," terang Kyai Muda NU tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, wakil gubernur DKI Jakarta Riza Patria menyambut baik upaya pencegahan dan pengendalian bencana yang akan dilakukan LPBI NU DKI Jakarta

"Kami berharap semoga LPBI NU DKI Jakarta dapat menjadi mitra strategis pemprov DKI Jakarta dalam pencegahan bencana dan pengendalian iklim di ibu kota," ujar Riza Patria.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved