Diduga Keracunan Limbah Jeroan Hewan Kurban, Ribuan Ikan di Kali Baru Mati

Petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Ikhsan Nasution mengatakan ribuan ikan ditemukan mengambang di saringan air Cililitan sekitar pukul 07.00

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ribuan ikan di aliran Kali Baru, Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur ditemukan mati pada Senin (11/7/2022).

Diduga keracunan limbah hewan kurban mengakibatkan ribuan ikan mati di aliran Kali Baru

Petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Ikhsan Nasution mengatakan ribuan ikan ditemukan mengambang di saringan air Cililitan sekira pukul 07.00 WIB.

"Pas kita kerja kita lihat ikan pada ngambang semua berbarengan sama jeroan, jeroan sapi, jeroan kambing," kata Ikhsan di Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (11/7/2022).

Dugaan ribuan ikan tersebut mati akibat keracunan jeroan hewan kurban karena beberapa tahun lalu di Kali Baru juga pernah terjadi hal serupa, momennya saat hari raya Iduladha.

Timbunan ikan mati di aliran Kali Baru
Timbunan ikan mati di aliran Kali Baru yang sudah diangkut warga, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (11/7/2022)

Sejak Senin pagi petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pun mendapati tumpukan jeroan kambing dan sapi, bahkan terbungkus dalam karung berukuran besar.

"Cuman sekarang yang lebih parah, kalau dulu enggak sebanyak ini. Kalau enggak diangkat dampaknya parah, buat bau. Makannya jeroan, bangkai hewan tidak boleh dibuang ke kali," ujarnya.

Ikhsan menuturkan sudah melaporkan temuan ribuan ikan mati didominasi jenis sapu-sapu ke pimpinannya di Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk ditindaklanjuti.

Pantauan di saringan Cililitan hingga siang hari ini limbah jeroan pemotongan hewan kurban masih terus bermunculan, sementara warga sibuk mengambil ribuan ikan yang mati.

"Yang repot itu kalau jeroannya dimasukkan karung, karena tidak langsung kelihatan. Enggak tahu ini dibuang dari mana awalnya," tuturnya.(TribunJakarta.com/Bima Putra)

Sumber: TribunJakarta
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved