Fenomena Citayam

Pelaksanaan Citayam Fashion Week Disarankan Pindah ke Kota Tua

Hari Mardiansyah menyarankan pelaksanaan Citayam Fashion Week dipindahkan ke kawasan Kota Tua dibandingkan ke Sarinah.

Editor: Adi Suhendi
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Sejumlah anak-anak yang viral dengan sebutan Sudirman, Citayam, Bojonggede, dan Depok (SCBD) melakukan fashion show saat meramaikan Citayam Fashion Week, di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (23/7/2022). Disarankan kegiatannya dipindah ke Kota Tua. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Tata Kota Universitas Diponegoro Fadjar Hari Mardiansyah menyarankan pelaksanaan Citayam Fashion Week dipindahkan ke kawasan Kota Tua dibandingkan ke Sarinah.

Fadjar berujar kreativitas generasi muda di Citayam Fashion Week perlu terus dipertahankan.

Karena itu, ia meminta Pemprov DKI Jakarta dapat segera menatanya dan bisa berkoordinasi dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang sedang melakukan revitalisasi dan penataan Kota Tua.

"Apa lagi kota tua dekat dengan Stasiun Jakarta Kota. Pagelaran Citayam Fashion Week bisa dilakukan komunitas SCBD dekat pelataran Bank Mandiri Kota Tua. Tinggal memperbaiki tempat pejalan kaki dari Stasiun Kota ke Kota Tua," ujar Fadjar dalam keterangannya, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: Jadi Rebutan, DJKI Ungkap Potensi Nilai Ekonomi Citayam Fashion Week

Fadjar menilai fenomena Citayam Fashion Week merupakan gagasan generasi milenial yang ingin menunjukan eksistensi.
Fenomena anak muda yang unjuk diri ini dinilai Fadjar bukanlah hal yang baru di Indonesia.

Generasi muda era tahun 80 hingga 90 juga melakukan unjuk diri dengan Lintas Melawai. Namun ada perbedaan yang sangat mencolok antara fenomena Citayam Fashion Week dan Lintas Melawai.

"Citayam Fashion Week lebih egaliter atau merakyat dibandingkan Lintas Melawai," ujarnya.

Sejumlah anak-anak yang viral dengan sebutan Sudirman, Citayam, Bojonggede, dan Depok (SCBD) melakukan fashion show saat meramaikan Citayam Fashion Week, di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (23/7/2022). Fenomena Citayam Fashion Week kini tengah menjadi tren dengan membuat zebra cross menjadi catwalk dadakan, membuat kawasan tersebut semakin ramai dikunjungi warga yang ingin menyaksikan langsung fenomena tersebut hingga menimbulkan kemacetan. Tribunnews/Jeprima
Sejumlah anak-anak yang viral dengan sebutan Sudirman, Citayam, Bojonggede, dan Depok (SCBD) melakukan fashion show saat meramaikan Citayam Fashion Week, di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (23/7/2022). Fenomena Citayam Fashion Week kini tengah menjadi tren dengan membuat zebra cross menjadi catwalk dadakan, membuat kawasan tersebut semakin ramai dikunjungi warga yang ingin menyaksikan langsung fenomena tersebut hingga menimbulkan kemacetan. Tribunnews/Jeprima (TRIBUNNEWS/JEPRIMA)

Adanya Citayam Fashion Week yang diselenggarakan di jalan yang mambuat persoalan tersendiri.

Diakui Fadjar memang saat ini Pemprov DKI banyak membangun ruang publik.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved