Hijaukan Kembali Pesisir, 3 Ribu Pohon Bakau Ditanam di Pantai Jakarta Utara

3.000 pohon bakau ditanam di Rawa Pantai Indah Kapuk yang terletak di utara kota Jakarta.

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
Istimewa
Penanaman sebanyak 3.000 pohon bakau di Rawa Pantai Indah Kapuk yang terletak di utara kota Jakarta ( 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - AEON Environmental Foundation melaksanakan penanaman sebanyak 3.000 pohon tahap II di Rawa Pantai Indah Kapuk yang terletak di utara kota Jakarta.

Soichi Okazaki selaku Pejabat Eksekutif AEON wilayah Asean mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengadakan penanaman pohon selama 2 tahap di daerah seperti hutan bakau dan sejenisnya.

"Penanaman pohon tahap I yang dilaksanakan selama 3 tahun sejak 2011, melibatkan 5.100 sukarelawan dari Jepang dan Indonesia untuk menanam 63.000 pohon bakau," kata Soichi dalam keterangan yang diterima, Senin (3/10/2022).

Dia menambahkan penanaman pohon tahap II yang dimulai sejak 2018, dilaksanakan di lokasi yang berdekatan dengan lokasi penanaman tahap I.

Baca juga: Dukung Pelestarian Ekosistem Mangrove, 5.000 Bibit Bakau Ditanam di Pesisir Pemogan Bali

"Atas kerja sama 2.000 sukarelawan dari Jepang dan Indonesia, 20.000 pohon bakau telah ditanam dalam 2 tahun. Tahun ini, yang merupakan pelaksanaan ketiga, 3.000 pohon bakau akan ditanam bersama dengan 300 sukarelawan warga setempat," kata dis.

Menurut dia lokasi penanaman pohon dari tahun 2011 dengan total 83.000 pohon bakau, kini sudah berubah menjadi hutan mangrove yang merupakan habitat bagi berbagai macam binatang dan tumbuhan lainnya yang tumbuh subur.

Baca juga: Cara Mencegah Abrasi, Mulai dari Melestarikan Hutan Bakau dan Terumbu Karang

"Saat ini, kami terlibat dalam berbagai kegiatan lingkungan berbasis masyarakat seperti penanaman pohon yang telah berkembang menjadi pemeliharaan dan pemanfaatan pohon," ujarnya.

Soichi juga berkomitmen AEON Environmental Foundation akan terus aktif menjalankan gerakan peduli lingkungan.

"Seperti gerakan penanaman pohon agar kelestarian alam dapat diteruskan kepada generasi penerus," kata dia.

Baca juga: Bocah SMP Gelut dengan Buaya, Pukul Kepala demi Lepaskan Terkaman hingga Panjat Pohon Bakau

Sementara itu, Ari Maulana Hakim selaku Wali Kota Jakarta Utara juga mengungkapkan bahwa penanaman mangrove ini bisa menjadi sarana pendidikan bagi generasi muda untuk mengenal cara menanam pohon mangrove dan fungsi hutan mangrove untuk ekologi pantai.

"Pemkot Jakut juga secara konsisten terus mengajak dan mendorong upaya-upaya rehabilitasi ekosistem mangrove dengan melibatkan semua stakeholder di wilayah Jakarta Utara," kata dia.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved