Masjid Jakarta Islamic Centre Kebakaran

Polisi Duga Ada Kelalaian dalam Kebakaran Masjid Jakarta Islamic Centre, Api Berasal dari Alat Las 

Polisi menemukan adanya unsur kelalaian sehingga bangunan Masjid Jakarta Islamic Centre tersebut terbakar pada bagian kubahnya.

Istimewa
Kubah Jakarta Islamic Centre atau Masjid Jami' Jakarta Center kebakaran pada Rabu (19/10/2022) sore ini. Polisi menemukan adanya unsur kelalaian sehingga bangunan Masjid Jakarta Islamic Centre tersebut terbakar pada bagian kubahnya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pihak kepolisian masih menyelidiki insiden kebakaran Masjid Jakarta Islamic Centre, Tugu Utara, Koja, Jakarta Timur.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo mengungkapkan pihaknya menemukan adanya unsur kelalaian sehingga bangunan tersebut terbakar pada bagian kubahnya.

"Ya ada kelalaian, ini kan masih kita dalami lagi," kata Wibowo saat dihubungi, Kamis (20/10/2022).

Wibowo menyebut sejauh ini sudah ada empat orang pekerja yang diamankan untuk dilakukan pemeriksaan sebagai saksi terkait insiden kebakaran tersebut.

Menurut pekerja, kata Wibowo, saat mereka tengah melakukan renovasi, terdapat percikan api yang kemudian menyambar ke bahan yang mudah terbakar.

"Ditambah karena angin juga besar kemudian para pekerja ini mencoba untuk memadamkan menggunakan APAR tapi nggak berhasil, makin membesar api," tuturnya.

Sejauh ini, Wibowo mengatakan penyebab kebakaran tersebut diduga dari alat las di lokasi. 

Meski begitu, dia mengatakan masih melakukan pendalaman dengan dibantu anggota Puslanfor Polri untuk memastikan penyebab utama kebakaran tersebut.

"Ada hari ini (Pihak JIC diperiksa), cuma hari ini kita fokus utk melakukan olah TKP nanti dibantu oleh kawan-kawan dari Puslabfor Polri untuk mencari penyebab utama kebakaran hari ini rencana kita jam 10," bebernya.

Baca juga: Masjid Jakarta Islamic Centre Terbakar: Api Berhasil Dipadamkan, Petugas Lakukan Pendinginan

Sebelumya, Kebakaran melanda kubah masjid Jakarta Islamic Center, yang berada di Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Rabu (19/10/2022). 

Masjid yang terletak di Jl. Kramat Jaya Raya, Kel. Tugu Utara, Kec. Koja itu dilaporkan BPBD DKI Jakarta terbakar pada pukul 15:58 WIB.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kepulauan Keribu, Rahmat Kristanto saat dikonfirmasi menyebut, dugaan sumber api berasal dari kubah masjid.

“Kami menerima informasi kebakaran Pukul 15.23 WIB. Petugas langusung kami kerahkan ke lokasi. Sumber api berasal dari kubah masjid,” kata dia.

Melalui video yang nampak dimedia sosial twitter, kubah masjid berserta lembaga pengkajian itu tersebut roboh setelah kebakaran.

"#OperasiSiagaIbukot Pukul 15:58 WIB | #InfoKebakaran Kubah masjid islamic center di Jl. Kramat Jaya Raya, Kel. Tugu Utara, Kec. Koja | Penanganan: 10 Unit Damkar, TRC BPBD, PLN, PMI, AGD, Dishub, Satpol PP, PSKB/Tagana, Polsek, Koramil | Situasi: Proses pemadaman," kutip twitter BPBD DKI Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Kubah Jakarta Islamic Centre atau Masjid Jami' Jakarta Center kebakaran pada Rabu (19/10/2022) sore ini.
Kubah Jakarta Islamic Centre atau Masjid Jami' Jakarta Center kebakaran pada Rabu (19/10/2022) sore ini. (istimewa)
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved