Sekeluarga Tewas dai Jakarta Barat

VIDEO Polisi Temukan Klentingan Buly-Buly untuk Ritual dari Rumah Satu Keluarga Tewas di Kalideres

Barang bukti terbaru yang ditemukan adalah satu alat yang diketahui bernama Klentingan Buly-Buly di rumah tersebut.

Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi kembali mendapatkan barang bukti baru di rumah satu keluarga yang ditemukan tewas di rumahnya di Kalideres, Jakarta Barat

Barang bukti terbaru yang ditemukan adalah satu alat yang diketahui bernama Klentingan Buly-Buly di rumah tersebut.

Hal itu disampaikan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi saat dihubungi, Senin (5/12/2022) malam.

"Dari TKP terakhir kami temukan ada namanya Buly-Buly ataupun Klentingan," kata Kombes Pol Hengki Haryadi.

Hengki Haryadi menyebut dari pemeriksaan sementara, diduga alat tersebut digunakan untuk melakukan ritual-ritual tertentu.

"Ini salah satu dugaan kita dari tim psikologi forensik merupakan salah satu yang dianggap benda-benda yang digunakan untuk ritual," ucapnya.

Ritual Keluarga Kalideres 

Polisi kembali mengungkap fakta baru dalam proses penyelidikan sementara terkait tewasnya satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat beberapa waktu lalu.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi mengungkapkan bahwa terdapat kecendrungan yang dominan mengarah kepada almarhum Budiyanto yang memiliki kepercayaan terhadap aktivitas ritual tertentu.

"Hal ini mengakibatkan adanya suatu belief (kepercayaan) dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik atau mengatasi masalah dalam keluarga dilakukan melalui ritual tertentu," kata Hengki dalam keteranganya, Selasa (29/11/2022).

Fakta terbaru itu pihaknya temukan usai ditemukannya keidentikan penyelidikan berdasarkan saksi dan bukti bukti yang ada di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Selain itu Hengki juga menjelaskan, dalam hasil penyelidikan sementara itu, hal itu juga diperkuat dengan ditemukannya sejumlah benda berupa buku-buku lintas agama serta mantra dan kemenyan di dalam rumah tersebut.

"Oleh karenanya kami akan mengundang ahli sosiologi agama untuk melakukan analisa lebih lanjut terhadap tulisan tulisan yang ada di dalam buku serta hubunganya dengan temuan jejak benda-benda di TKP," jelasnya.

Temuan Mantra-Kemenyan 

Selain aktivitas ritual, penyidik juga mengungkap temuan baru dari penyelidikan kasus tersebut. Salah satunya temuan mantra dan kemenyan. 

"Ditemukan juga buku-buku lintas agama serta mantra dan kemenyan," ucap Hengki. 

Polisi kini turut melibatkan ahli sosiologi agama untuk meneliti korelasi buku mantra dan kemenyan dengan aktivitas ritual yang dijalankan keluarga Kalideres tersebut. 

"Kami akan mengundang ahli sosiologi agama untuk melakukan analisa lebih lanjut terhadap tulisan yang ada di dalam buku serta hubungannya dengan temuan jejak benda-benda di TKP," pungkas Hengki. 

Dokter dan tim forensik didatangkan untuk usut kematian satu keluarga yang berada di Perumahan Citra Garden 1 Extension, Kalideres, Jakarta Barat pada Sabtu (12/11/2022). (*)

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved