Breaking News:
Majelis Perwakilan Rakyt Republik Indonesia

Di Masjid Ar Rabithah Bung Karno Berkontemplasi, Gus Jazil: Pancasila Ditemukan di Masjid

Pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, itu mengatakan Islam menjiwai Pancasila. Islam menjiwai pasal-pasal yang ada di Pancasila.

Istimewa
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid. 

TRIBUNNEWS.COM - Di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), berdiri Masjid Ar Rabithah. Meski masjid itu sudah mengalami beberapa kali pemugaran namun ia berdiri sejak tahun 1500-an.

Di masjid yang disangga 4 tiang atau pilar, saat diasingkan oleh pemerintah kolonialisme Belanda, dikatakan Bung Karno kerap beribadah. Dari sinilah masjid itu menjadi bagian dari situs Bung Karno di Ende.

Di Ar Rabithah, Bung Karno tidak hanya menjalankan ibadah sholat lima waktu dan ibadah lainnya namun juga berkontemplasi untuk menemukan ruh keislaman dan kebangsaan.

“Ini yang tidak banyak diketahui oleh ummat Islam,” ujar Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid saat mengunjungi masjid itu, Ende, Selasa (28/7/2020) .

Menurut politisi PKB ini, Bung Karno menemukan ruh Pancasila di masjid. “Intinya dari masjid sesungguhnya nilai-nilai pancasila ditemukan,” paparnya.

Pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, itu mengatakan Islam menjiwai Pancasila. Islam menjiwai pasal-pasal yang ada di Pancasila.

“Islam rahmatan nil alamin sudah dibuktikan oleh masyarakat Ende,” ujar pria yang akrab dipanggil Gus Jazil itu.

Dari sinilah kehidupan masyarakat Ende yang beragam dapat hidup rukun dan damai. “Islam rahmatan nil alamin membuat Indonesia lestari dan kuat,” tutupnya.

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved