Flu Burung Tak Menular Antarmanusia

Dinas Kesehatan DKI Jakarta sekali lagi menegaskan bahwa flu burung tidak menular dari sesama manusia.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Prawira

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Setiaji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta sekali lagi menegaskan bahwa flu burung tidak menular dari sesama manusia. Hal ini ditegaskan terkait meninggalnya seorang warga, Puguh Dwi Yanto karena terjangkit flu burung.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati, dari hasil tes terhadap keponakan Puguh yakni ASR (5), Puguh tertular virus flu burung dari burung merpatinya. ASR yang sebelumnya menderita demam, saat ini sudah diperbolehkan pulang karena dari hasil tes laboratorium sebanyak tiga kali, negatif.

"Saya sudah konfirmasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan dan benar kalau Puguh meninggal karena flu burung. Penularannya karena melakukan kontak dengan burung merpatinya," ujar Dien, Jumat (13/1/2012).

Dikatakannya, pihak keluarga Puguh juga sudah menjalani pemeriksaan. Dari lima orang anggota keluarga Puguh yang diperiksa, hasilnya semua negatif flu burung. "Lima teman Puguh juga diperiksa dan hasilnya negatif. Jadi penularan virus flu burung tidak dari orang ke orang," ucapnya.

Dien menambahkan, saat ini pihaknya telah menyediakan tamiflu sebanyak 50 ribu tablet sebagai antisipasi ada yang tertular virus flu burung. Tiga ekor merpati yang sekandang dengan merpati Puguh, sebelumnya juga telah dimusnahkan dengan cara dibakar.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved