Si Seksi Pembobol Citibank

Malinda Dee Divonis 8 Tahun Penjara

Malinda Dee binti Siswo Wiratmo (49), divonis 8 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar subsider 7 bulan penjara.

Malinda Dee Divonis 8 Tahun Penjara
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Malinda dee menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso P

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --- Mantan senior relation Citibank, Inong Malinda Dee binti Siswo Wiratmo (49), divonis 8 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar subsider 3 bulan penjara. Malinda dinyatakan bersalah telah melakukan penggelapan dan pencucian dana nasabah Citibank.

Vonis tersebut dibacakan oleh ketua majelis hakim Gusrizal dalam persidangan terbuka untuk umum di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (7/3/2012).

Majelis hakim menyatakan, Malinda Dee telah melakukan 117 transaksi tak berizin dari nasabahnya, yakni Rohli bin Pateni, Susetyo Sutadji dan Suryati T Budiman yang mencapai Rp 47 miliar.

"Memutuskan terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penggelapan dan pencucian uang," tegas  hakim Gusrizal.

Hal yang meringankan hukuman yakni Malinda belum pernah dihukum. Sedangkan hal yang memberatkan adalah tindakan Malinda tidak mendukung pemberantasan tindak pidana pencucian uang.

Hukuman lebih ringan dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum, yang menuntut majelis hakim untuk menghukum Malinda 13 tahun penjara, dan denda Rp 10 miliar dengan subsider 7 bulan penjara.

Malinda dianggap bersalah melanggar Pasal 49 Ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 Ayat (1) KUHP.

Istri siri artis Andhika Gumilang itu juga dijerat dengan Pasal 49 Ayat (2) huruf b Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 Ayat (1) KUHP; Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 65 Ayat (1) KUHP.

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Yulis Sulistyawan
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved