Hari Buruh Internasional

Tiga Presiden Buruh Deklarasikan MPBI

Peringatan hari buruh internasional yang jatuh pada 1 Mei, dijadikan momen bagi buruh Indonesia untuk membentuk Majelis Pekerja Buruh Indonesia

Penulis: Adi Suhendi
zoom-inlihat foto Tiga Presiden Buruh Deklarasikan MPBI
Adi Suhendi/Tribunnews.com
Massa buruh memadati stadion Gelora Bung Karno, Selasa (1/5/2012)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peringatan hari buruh internasional yang jatuh pada 1 Mei, dijadikan momen bagi buruh Indonesia untuk membentuk Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) yang di deklarasikan tiga presiden konfederasi organisasi buruh di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (1/5/2012).

Tiga konfederasi buruh yang mendeklarasikan MPBI tersebut diantaranya Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

"MPSI ini diharapkan dapat menjadi organisasi payung untuk mengusahakan kesejahteraan pekerja buruh Indonesia dan rakyat Indonesia," kata presiden KSBI Mudhofir.

Dihadapan puluhan ribu buruh, deklarasi tersebut disambut meriah. Ada enam hal yang harus diperjuangkan MPBI diantaranya memperjuangkan jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia, memperjuangkan jaminan pensiun bagi setiap buruh.

Kemudian menolak kebijakan upah murah, menghapus sistem outsorcing, memberikan subsidi pada buruh dan keluarganya melalu APBN/ APBD, dan menjadikan 1 Mei sebagai hari buruh dan libur nasional.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved