Breaking News:

Penembakan di Papua

Amien Rais: Solusi Papua dengan Dialog

Menurutnya perkembangan yang terjadi di Papua sudah amat mengkhawatirkan.

Penulis: Bahri Kurniawan
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-inlihat foto Amien Rais: Solusi Papua dengan Dialog
Tribunnews.com/Bian Harnansa
Amien Rais

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Amien Rais menilai kasus kekerasan yang terjadi di Papua merupakan peringatan bagi pemerintah Indonesia untuk segera mencarikan jalan keluar menyelesaikan permasalahan di Papua. Menurutnya perkembangan yang terjadi di Papua sudah amat mengkhawatirkan.

"Patriotisme sudah kehilangan arah, Papua sudah jauh perkembangannya, terjadi baku tembak antar anak bangsa, eksploitasi freeport, tapi pemerintah pusat seolah tidak paham masalahnya," ujar Amien Rais disela-sela acara Rakornas PAN di Kantor DPP PAN, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2013).

Amien menambahkan bahwa harus segera dicarikan solusi yang dapat menyeledaikan permasalahan di Papua. Solusi tersebut, lanjutnya, bukanlah dengan menggunakan jalan kekerasan melalui kekuatan militer tetapi lewat jalur dialog dengan pihak terkait.

"Intinya NKRI harus utuh, jadi pengalaman refrendum ala Timtim tidak boleh terulang, atau mengundang unsur asing seperti di Aceh juga malah akan membuat ribut dari pada solusi," tukasnya.

Seperti diketahui Kamis (21/2/2013) lalu terjadi insiden baku tembak di Papua yang menewaskan 12 orang, terdiri dari 4 warga sipil dan 8 anggota TNI. Penembakan terjadi di Distrik Tinggi Nambut, Kabupaten Puncak Jaya dan di Distrik Sinai oleh kelompok tak dikenal.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved