Kasus Suap Lahan di Bogor

Dibidik KPK, Bupati Bogor Ajak 40 Orang Umrah

Wakil Bupati Bogor, Karyawan Faturachman sempat bertanya-tanya asal-usul uang yang dipakai Bupati Bogor, Rachmat Yasin untuk ibadah umrah

zoom-inlihat foto Dibidik KPK, Bupati Bogor Ajak 40 Orang Umrah
Tribun Batam/Candra P Pusponegoro
Ribuan jemaah sedang melakukan prosesi sa i (napak tilas) dengan mendatangi bukit Shafa dan Marwah dengan medatanginya sebanyak 7 kali putaran, Minggu (5/8/2012).

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Wakil Bupati Bogor, Karyawan Faturachman sempat bertanya-tanya asal-usul uang yang dipakai Bupati Bogor, Rachmat Yasin untuk ibadah umrah. Sebab, ia mengaku tahu, sang bupati mengajak juga 40 orang dalam perjalanan ibadah haji kecil itu.

"Bupati sama staf dan ajudan-ajudan jumlahnya 40 orang diajak semua. Kalau dikali Rp 25 juta, berapa coba totalnya? Sumber uang dari mana, saya nggak tahu," tegasnya.

Menurut Faturahman, kepergian sang bupati ke luar negeri dengan menyertakan rombongan massal atau orang-orang sekitarnya seperti itu, bukan kali pertama. "Bukan tumben-tumben, biasanya keliling Eropa, ke luar negeri," bebernya.

Sebagai wakil kepala daerah, Karfat telah nekat mengingatkan atasannya, Yasin tentang plesiran ke luar negeri bersama rombongan itu. Ia khawatir akan menimbulkan kecemburuan sosial masyarakat. Sebab, masih banyak warga Bogor yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Kendati telah berupaya keras, Karfat menyerahkan pada Yasin. Menurut rumor yang berkembang, Karfat diplot PDIP untuk diusung sebagai calon Bupati Bogor pada Pilkada 2013-2018.

Yasin yang notabene kader PPP akan diusung kembalinya partainya. Sejumlah baliho besar Yasin bersama Ketua Umum PPP Suryadharman Ali terpampang di sejumlah ruas jalan raya di Kabupaten Bogor. (Abdul Qodir/Nicolas Timothy)

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Ade Mayasanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved