Calon Legislatif

Golkar Sejak Dini Antisipasi Kanibalisme Antar-Caleg

Partai Golkar mengantisipasi sejak dini terjadinya gesekan, dan kampanye hitam serta kanibalisme antar Calon legislatif

zoom-inlihat foto Golkar Sejak Dini Antisipasi Kanibalisme Antar-Caleg
/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Drs. M. Idrus Marham, MSc

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Partai Golkar mengantisipasi sejak dini terjadinya gesekan, dan kampanye hitam serta kanibalisme antar Calon legislatif (Caleg) yang akan maju dalam Pileg 2014 mendatang.

Ketua harian Badan Kordinasi Pemenangan Pemilu (BKPP) Partai Golkar, Idrus Marham tegaskan, sejak dini para Caleg dijelaskan mengenai cara berpikir yang harus disesuaikan dengan Undang-undang (UU) Pemilu, bahwa peserta Pemilu adalah Partai politik. Karena peserta pemilu adalah Parpol, maka seharusnya semua Caleg berpikir memenangkan Partai. Bukan memenangkan dirinya sendiri.

"Jadi seluruh Caleg Partai Golkar berpikir mulai dari Partai. Bukan mulai dari dirinya. Kalau mulai dari Partai Insya Allah menang dan tetap solid. Tetapi kalau mulai dari diri sendiri itu bisa berimplikasi terhadap gesekan-gesekan yang ada," kata Idrus yang juga merupakan Sekjen Partai Golkar di sela acara Pembekalan Caleg dan Pengukuhan BKPP, di Nusa Dua, Bali, Sabtu (22/6/2013).

Idrus mengatakan, UU Pemilu di dalam sistem perhitungan kursi, pertama-tama yang dihitung adalah jumlah keseluruhan suara partai. Baik itu dari pemilih partai atau pemilih caleg. Setelah digabungkan satu menjadi suara partai, maka yang kedua dihitung adalah berapa banyak kursi yang didapat Partai.

Setelah diketahui Partai itu dapat berapa kursi di satu Dapil, maka yang dipikirkan lebih lanjut adalah siapa yang berhak terhadap kursi itu. "Nah, yang berhak berdasarkan sistem yang ada proporsional terbuka berdasarkan suara terbanyak, maka Partai akan membagi kepada Caleg yang memiliki suara terbanyak. itu runtut berpikir kita," tegasnya.

Lebih lanjut Idrus katakan, BKPP akan melakukan pendekatan kesadaran, pendekatan bagaimana para Caleg sungguh-sungguh memahami hakikat perjuangan Partai dan bagaimana mengedepankan ideologi dan cita-cita partai. Hal ini akan menjadi etika penting bagi para caleg agar tidak saling bergesekan dan melakukan kampanye hitam serta kanibalisme sesama Caleg dari Partai saat Pileg digelar nantinya.

Kalau pun nanti masih ditemukan di lapangan hal yang demikian, menurut Idrus, BKPP dan struktur Partai Golkar akan melakukan langkah-langkah berupa memberikan pengarahan kepada caleg tersebut dan memberikan penjelasan.

Disebutkan, guna menekan kejadian tersebut, maka BKPP akan dibangun hingga tingkat desa dan kecamatan. Hal ini tak lain guna menjalankan tugas untuk mengkordinasikan itu semua.

"Karena itu juga BKPP kuatnya dan konsentrasiya di bawah, di tingkat grassroots, akar rumput. Mengkordinasikan juga Caleg-caleg yang ada. BKPP ini akan sampai pada tingkat desa, kecamatan. Dan di setiap kecamatan itu ada pos-pos disitu. Kalau ada masalah mengikuti pergerakan-pergerakan disitu," katanya.

Tags
Caleg
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved