Pemilu 2014 KPU

Hanya DPT di Kabupaten Nduga Belum Ditetapkan

KPU mengaku penetapan daftar pemilih tetap (DPT) di 497 kabupaten atau kota sudah semuanya dilakukan secara manual.

Hanya DPT di Kabupaten Nduga Belum Ditetapkan
net
Ferry Kurnia Rizkiyansyah

TRIBUNnews.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku penetapan daftar pemilih tetap (DPT) di 497 kabupaten atau kota sudah semuanya dilakukan secara manual. Kecuali, DPT untuk kabupaten Nduga, Provinsi Papua karena masih dilanda konflik.

"(Kabupaten atau kota) Yang lainnya sudah menetapkan semuanya. Kita sedang melakukan proses rekapitulasi. Walaupun sebenarnya aktifitas rekapitulasi ini dilakukan secara berjenjang dari kabupaten atau kota," ujar komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Jakarta, Rabu (16/10/2013).

Menurut Ferry, sesuai jenjangnya, setelah rekapitulasi DPT di tingkat kabupaten atau kota selesai, kemudian dilanjutkan di tingkat provinsi yang akan diumumkan hasilnya pada 18 oktober. Sementara hasil rekapitulasi secara nasional diumumkan pada 23 Oktober.

Menurut Ferry, meski ada konflik di Kabupaten Nduga, DPT di sana direncanakan selesai dalam dua sampai tiga hari ke depan. "Sebelum pleno KPU di tingkat provinsi. Nanti untuk DPT Kabupaten Nduga akan diinput di sana," terang Ferry.

Meski begitu, dari DPT yang terekam manual, sebagian sudah juga terekam dalam Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih). Sampai sekarang, ada sekitar empat juta pemilih yang belum dimasukkan ke dalam Sidalih. Tetapi angka DPT manualnya sudah diplenokan di kabupaten atau kota.

Dikatakan Ferry, saat ini DPT yang sudah terekam dalam Sidalih sebanyak 183.321.366. Memang, ada beberapa kabupaten atau kota di beberapa provinsi yan belum dimasukkan ke dalam Sidalih, misalnya Jawa Tengah, kurang sekitar dua jutaan, Aceh kurang skeitar 200 ribuan dan lainnya.

Penulis: Y Gustaman
Editor: Gusti Sawabi
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved