Ribka Tjiptaning: Dokter Sekarang Seolah Jubir Perusahaan Farmasi

Ribka Tjiptaning mengkritisi kondisi dunia kedokteran di Indonesia yang semakin komersil.

Ribka Tjiptaning: Dokter Sekarang Seolah Jubir Perusahaan Farmasi
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Ribka Tjiptaning

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning mengkritisi kondisi dunia kedokteran di Indonesia yang semakin komersil. Salah satunya terkait penggunaan obat-obat paten bagi pasien kurang mampu.

"Dokter kita sekarang seolah jadi jubir perusaahaan farmasi," ujar Ribka dalam Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan di Kantor DPP PDI Perjuanga, Senin (30/12/2013).

Ribka menuturkan, dirinya pernah mendapati salah satu dokter di kliniknya yang menjual obat paten kepada pasiennya. Saat ditanya, ternyata dokter tersebut dijanjikan mendapat kesempatan seminar di luar negeri secara gratis jika berhasil menjual merek obat paten sejumlah tertentu.

"Kacau, saya bilang gak ada yang seperti itu. Gak bisa pelayanan dan bisnis jadi satu," tegasnya.

Ia juga membeberkan banyaknya seminar-seminar yang diselenggarakan Ikatan Dokter Indonesia (IDU) dengan dibiayai merek-merek obat paten.

Sementara itu biaya untuk mengikuti seminar-seminar itu sangat mahal dan tidak terjangkau dokter-dokter muda yang idealis.

"IDI seolah jadi perpanjangan tangan perusahaan farmasi. Kan kacau. Saya bilang ke anak saya kalau mau jadi dokter jangan jadi pedagang juga," tandasnya.

Penulis: Bahri Kurniawan
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved