BNPB: Aktivitas Gunung Sinabung Masih Tinggi

Kondisi status gunung Sinabung masih siaga (Level III).

BNPB: Aktivitas Gunung Sinabung Masih Tinggi
Kompas/Mohammad Hilmi Faiq
Erupsi Gunung Sinabung terlihat dari Desa Berastepu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumut, Sabtu (4/1/2013). Aktivitas Gunung Sinabung belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Selama Sabtu, setidaknya terjadi 57 kali erupsi disertai luncuran awan panas sejauh 5 kilometer. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aktivitas gunung Sinabung  di dataran Tinggi Karo, kabupaten Karo, Sumatera Utara, masih sangat tinggi sehingga potensi terjadinya letusan dan luncuran awan panas masih tinggi.

"Penanganan darurat gunung Sinabung masih terus dilakukan," kata
Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, dalam keterangannya, Rabu (8/10/2014).

BNPB menjelaskan kondisi penanganan pengungsi pada hari ini. Dijelaskan kondisi status gunung Sinabung masih siaga (Level III).

Selain itu, tidak terjadi erupsi, guguran 89 kali. Hingga pukul 19.00 WIB telah terjadi empat kali awan panas guguran dari puncak pada pukul 00.45 WIB sejauh 3.000 meter ke arah selatan,  pukul 12.42 WIB jarak luncur sejauh 3.000 meter ke arah selatan dan tinggi kolom 1500 meter.

Pukul 17.11 WIB jarak luncur sejauh 2500 meter ke arah selatan dan tinggi kolom 1.000 meter dan pukul  17.30 WIB jarak luncur sejauh 1.500 meter ke arah selatan, arah angin ke timur.

Menurut Sutopo gempa hybrid masih tinggi dan tremor masih menerus. Ini menujukkan bahwa potensi letusan masih berpeluang terjadi.

"Masyarakat diimbau tidak berativitas pada 5 Km ke arah tenggara dan selatan dari puncak. Pada arah lain masyarakat dilarang dalam radius 3 Km dari puncak," ujarnya.

Jumlah pengungsi sampai hari ini 3.287 jiwa, 1.019 kepala keluarga (KK) di 16 titik pengungsian.

Penulis: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved