Terkuak, Kontroversi Potret Resmi Cut Nyak Dien Tanpa Jilbab

Dunia maya di Indonesia, dihebohkan berbagai protes terhadap potret resmi pahlawan nasional yang berasal dari Nangroe Aceh Darussalam, Cut Nyak Dien

Facebook/Seuramoe Mekkah
Persandingan foto resmi Cut Nyak Dien dan yang diklaim sebagai Cut Nyak Dien sebenarnya, yakni berjilbab. Belakangan, klaim Cut Nyak Dien berjilbab itu tidak benar. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Reza Gunadha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dunia maya di Indonesia, dihebohkan berbagai protes terhadap potret resmi pahlawan nasional yang berasal dari Nangroe Aceh Darussalam, Cut Nyak Dien.

Protes tersebut, terfokus pada foto lukisan resmi wanita panglima perang heroik itu yang tidak memakai hijab atau jilbab. Padahal, Cut Nyak Dien merupakan perempuan muslimah dari daerah yang juga dikenal sebagai "Serambi Mekkah."

Lebih menghebohkan lagi, satu akun Facebook bernama "Seuramoe Mekkah", mengunggah foto resmi istri Teuku Umar tersebut dan disandingkan dengan potret perempuan berjilbab yang ia sebut sebagai foto asli Cut Nyak Dien.

"..foto seorang muslimah yang menjaga kehormatannya dengan menutup auratnya, sanggup mereka rubah menjadi gambar wanita yang terbuka auratnya, walaupun itu seorang wanita pahlawan nasional sekalipun," kecamnya.

Kontan, unggahan yang diokomentari hampir mencapai seribu netizen tersebut menimbulkan kebingungan.

Namun, benarkah foto perempuan berjilbab itu Cut Nyak Dien? Mengikuti penelusuran netizen, Tribunnews.com mendapatkan foto wanita berjilbab itu bukanlah Cut Nyak Dien.

Dalam laman Koninklijk Instituut voor Taal Land-en Volkenkunde (KTILV) Universitas Leiden Belanda, wanita itu ternyata istri Panglima Polem dari Sigli, yang juga didaulat sebagai pahlawan Indonesia (fotonya lihat di http://goo.gl/2rm67v). Bahkan, pada foto lainnya, istri Panglima Polem tersebut tak memakai jilbab.

Untuk diketahui, KTILV merupakan lembaga penelitian yang memiliki jutaan koleksi foto, peta, dan bukti sejarah Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved