Breaking News:

Tiga Kapolda dan Dua Bhabinkamtibnas Raih Polmas Award

Penghargan tersebut diberikan langsung oleh Kabarhakam, Komjen Putut Eko Bayuseno

Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Kabarhakam, Komjen Putut Eko Bayuseno 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak lima anggota Polri mendapatkan penghargaan "Polmas Award".

Penghargan tersebut diberikan langsung oleh Kabarhakam, Komjen Putut Eko Bayuseno.

Kelima anggota Polri yang mendapat penghargaan tersebut yakni : Kapolda Lampung, Brigjen Pol Heri Winarko, Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan, Kapolda Kalsel, Brigjen Pol Machfud Arifin.

Aiptu nanik Yuliati, Bhabinkamtibnas Polres Nganjuk, Polda Jatim dan Brigadie Piether Paembonan, Bhabinkamtibnas Polres Mamuju, Polda Sulawesi Selatan.

"Kalau Kapolda Lampung dapat penghargaan karena mempelopori program apel bersama dalam penanganan terpadu konflik sosial oleh unsur pimpinan tingkat kecamatan (Camat, Danramil, dan Kapolsek)," kata Putut di PTIK.

Termasuk pula, Kapolda Lampung telah meningkatkan kemampuan komunikai dan penyelesaian masalah sosial bagi para babinkamtibnas, babinsa dan kades/lurah.

Membangun kepedulian Pemda dengan menjunjung tingkat kearifan lokal dalam mencegah konflik sosial sejal dini dengan istilah "rembug pekon"

Sementara Kapolda Riau mendapat penghargaan karena telah membangun kepedulian pemda dengan masyarakat melalui pelatihan bersama (lurah, kades, babinsa, dan bhabinkamtibnas) dalam membentuk karakter dan kerjasama yang slolid untuk mencegah potensi konflik sosial.

"Kapolda Riau juga mendirikan rumah kantor bagi Bhabinkamtibnas agar Polri dapat membantu dan melayani masyarakat di desa atau kelurahan melalu samang warga (doot to door system) dan problem solving (pemecahan masalah sosial di masyarakat)," tutur mantan Kapolda Metro tersebut.

Sementara untuk Kapolda Kalsel, mendapat penghargaan atas membangun kepedulian pemda, pelaku usaha, dan tokoh masyarakat yang menginginkan rasa aman dan tentram.

"Kapolda Kalsel juga mendirikan rumah kantor bagi Bhabinkmtibnas. Ada juga Aiptu Nanik yuliati, Bhabinkamtibnas Polres Nganjuk, Polda Jatim yang jadi penggerak dalam program bebas pasung," ungkap Putut.

Dalam program itu, Aiptu Nanik berhasil membebaskan 17 orang yang dipasung termasuk membantu penderita penyakit tumor sebanyak 16 orang.

"Terakhir ada Brigadir Piether Paembonan, Bhabinkamtibnas Polres Mamuju, Polda Sulawesi Selatan. Dia mengembalikan anak putus sekolah untuk dapat bersekolah kembali sebanyak 178 anak dan menjadi pengajar bebas di SMA 1 Kalukku, SMA Budi Mulya, dan SMP Budi Mulya," tambah Putut.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hendra Gunawan
Tags
Kapolda
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved