Ujian Nasional 2015

Soal UN SMP, Menteri Anies: Apakah Ada Kebocoran?

Kata Anis, sejauh ini pihaknya telah berusaha sebisa mungkin untuk menyelenggarakan UN dengan baik.

Soal UN SMP, Menteri Anies: Apakah Ada Kebocoran?
Tribunnews.com/Tribunnews.com/Andri Malau
Mendikbud Anies Baswedan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak masyarakat melaporkan jika Ada kecurangan dan kebocoran soal ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMP.

"Apakah ada kebocoran? Kalau ada indikasi, laporkan ke Dikbud boleh. Kita akan follow up. Kita akan memproses semua laporan dan akan diusut semua laporan," tegas Anis di kompleks Istana Negara, jakarta, Selasa (5/5/2015).

Kata Anis, sejauh ini pihaknya telah berusaha sebisa mungkin untuk menyelenggarakan UN dengan baik. Meski pelaksanaannya belum sempurna.

Laporan terakhir menyebut  penyediaan dan pelaksanaan soal UN SMP berjalan lancar.

"Apakah sempurna? Belum smepurna. Indeks korupsi itu cukup tinggi dan kita tidak akan membiarkan. Mulai sekarang kita akan mengubah. Mudah-mudahan bisa. Perlu tahap. Kalau kita mau membereskan angka sangat besar kita pastikan itu berkurang dengan membuat Indeks integeritas ujian nasional," tandasnya.

Dengan itu akan dapat indeks untuk mengetahui mana ada kebocoran UN. "Jadi bukan sekedar gosip. Salah benarnya sama, sekolah sama, daerahnya sama. Dari situ kita ketemu polanya. Salah satu cara untuk mencegah," jelasnya.

Ditegaskannya, sistem ini bertujuan untuk memperbaiki sistem yang dinilai kurang terkait adanya kebocoran.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved