Breaking News:

Mendagri: Tahun 2015 Semua WNI Dewasa Harus Punya E-KTP

Mendagri Tjahjo Kumolo memastikan seluruh masyarakat Indonesia yang sudah berkewajiban memiliki identitas kependudukan segera memiliki KTP Elektronik.

Tribunnews.com/Srihandriatmo Malau
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendagri Tjahjo Kumolo memastikan seluruh masyarakat Indonesia yang sudah berkewajiban memiliki identitas kependudukan segera memiliki KTP Elektronik atau E-KTP.

Pihaknya mengklaim sedang merampungkan masalah itu, karena sebelumnya sempat tertunda pendistribusiannya, sehingga harus diselesaikan semuanya tahun 2015 ini.

"Tahun 2015, seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang dewasa ditargetkan semua sudah dapat E-KTP," kata Tjahjo Kumolo kepada wartawan, Kamis (28/5/2015).

Sebelumnya proyek E-KTP sempat berhenti karena diduga ada praktek korupsi pada proyek itu. Moratorium proyek tepatnya saat KPK melakukan penyidikan kasus tersebut.

Namun, pendistribusian E-KTP sudah sebagiannya ketika itu. Setelah era pemerintahan SBY selesai, proyek E-KTP diteruskan kembali oleh pemerintahan Jokowi, karena masih banyak masyarakat yang belum mendapat E-KTP, meski sudah melakukan perekaman data.

Menurut Politikus PDIP tersebut, E-KTP nantinya akan berlaku seumur hidup untuk masyarakat. Kecuali warga negara asing yang bekerja atau tinggal sementara waktu di Indonesia.

"E-KTP untuk warga Indonesia masa berlakunya seumur hidup dan E-KTP untuk warga negara asing disesuaikan dengan masa berlakunya izin tinggal tetap," kata Tjahjo. (Edwin Firdaus)

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved