HUT Ke 70 RI

Presiden Jokowi Bakal Ikut Karnaval Khatulistiwa Dikawal Barisan Ksatria Dayak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan turut dalam Karnaval Khatulistiwa pada Sabtu (22/8/2015) besok, di Pontianak, Kalimantan Barat.

Biro Pers/Biro Pers
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), resmikan pembukaan Seminar dan Pameran Indo Energi Baru dan Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) dan Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition (IIGCE) , Rabu (19/8/2015) di Plenary Hall JCC. Pada kesempatan ini telah ditandatangani 5 perjanjian jual beli tenaga listrik (power purchase agreement/PPA), 9 MOU, dan 13 ijin panas bumi. (Tribunnews.com/Biro Pers) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Karnaval Khatulistiwa Jay Wijayanto mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan turut dalam Karnaval Khatulistiwa pada Sabtu (22/8/2015) besok, di Pontianak, Kalimantan Barat.

“Rencananya, Presiden Jokowi akan ikut dalam karnaval dengan dikawal oleh barisan ksatria Dayak,” ungkap Jay kepada Tribun, di Jakarta, Jumat (21/8/2015).

Seperti Jay sampaikan, Karnaval Khatulistiwa akan berisi rangkaian kegiatan yang mencakup karnaval darat dan air (sungai), dan panggung hiburan yang menampilkan sejumlah artis dan musisi papan atas.

Karnaval ini sendiri akan dimulai dengan karnaval darat dari rumah Bentang (rumah adat Kalimantan Barat) menuju alun-alun Kapuas dengan jarak tempuh kurang lebih lima kilometer.

Karnaval darat ini menampilkan arak-arakan kendaraan hias dan pejalan kaki yang menggunakan kostumadat dayak dan melayu. "Karnaval juga melibatkan sekitar 500 penari dayak dan 50 kelompok seni Kalimantan Barat," jelas Jay.

Jay melanjutkan, peserta karnaval darat bukan saja berasal dari wilayah Kalimantan Barat. Tapi juga dari 15 provinsi dengan kekhasan budaya masing-masing daerah. Selain budaya daerah, karnaval juga diramaikan pertunjukan marching band dari sekolah-sekolah terpilih, di antaranya SMA Bhayangkari, dan SMA St. Paulus.

Usai karnaval darat, masih menurut penuturan Jay, kegiatan dilanjutkan dengan karnaval air menyusuri sungai Kapuas Besar dan Kapuas Kecil menggunakan sampan atau perahu tradisional yang dihias.

Sebanyak 1.500 perahu hias dari 18 provinsi termasuk Kalimantan Barat akan berpartisipasi dalam karnaval air ini.

"Konvoi perahu hias akan dilepas oleh Presiden Jokowi dengan menyalakan meriam karbit dari anjungan depan Masjid Sultan Abdurrahman yang dibangun pada tahun 1771. Supaya terlihat megah, akan dijajarkan sekitar 6 – 10 perahusekali jalan,” kata Koordinator Panitia Nasional Kirab Budaya Syukuran Rakyat Jokowi-JK 2014 lalu.

Sebagai pamungkas rangkaian kegiatan Karnaval Khatulistiwa, pada malam hari akan digelar panggung hiburan rakyat yang menampilkan sejumlah artis dan musisi. Antara lain grup musik Slank, Ello dan beberapa artis lokal.

Selain itu akan ada pertunjukan kembang api untuk melengkapi suasana perayaan hari kemerdekaan.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah bekerja sama dengan Panitia Nasional Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka (G70) menyelenggarakan “Karnaval Khatulistiwa”.

Karnaval ini merupakan kegiatan pesta rakyat menampilkan parade kebudayaan nusantara dan melibatkan ribuan masyarakat, pelaku seni, budayawan hingga figur-figur terkemuka.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved