Breaking News:

Ibadah Haji 2015

9.961 Calon Haji Tiba di Mekkah

Direncanakan sebanya 9 861 jemaah calon haji (JCH) asal Indonesia akan masuk ke wilayah Mekkah

Garuda Indonesia

Laporan wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, MEKKAH -- Direncanakan sebanya 9 861 jemaah calon haji (JCH) asal Indonesia akan masuk ke wilayah Mekkah, Jumat (4/9/2015).

Jumlah tersebut merupakan gabungan dari jemaah Gelombang II yang berangkat dari tanah air dan mendarat di Jedah sebanyak 11 kelompok penerbangan (Kloter) sebanyak 4.633 orang ditambah dengan jemaah Gelombang I yang berangkat dari Madinah menuju Mekah sebanyak 5.328 orang.

Dengan jumlah tersebut maka kepadatan di kota Mekah akan terus bertambah dimana dihari sebelumnya, Kamis (3/9/2015) jemaah asal Tanah Air yang sudah masuk Mekah dari Madinah dalam lima hari terakhir berjumlah 19 619 jemaah.

“Daker Makkah siap menerima kedatangan jamaah haji dari Jeddah,” kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Arsyad Hidayat usai rapat koordinasi kesiapan penyambutaan jamaah haji gelombang dua di Kantor Daker Makkah, Shisha, Kamis (03/09) malam.

Direncanakan calon jemaah haji gelombang II akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz (KAA) Jedah, Jumat (4/9/2015). Adapun 11 kloter yang akan tiba di Jedah diantaranya tiga kloter dari Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS), dua kloter dari Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG), satu kloter dari Embarkasi Medan (MES), satu kloter dari embarkasi Solo (SOC), satu kloter dari embarkasi Palembang (PLM), satu kloter dari embarkasi Lampung (LOP), satu kloter dari embarkasi Batam (BTH), dan satu kloter dari embarkasi Balikpapan (BPN).

Selain jamaah dari Jeddah, Daker Makkah juga sudah sejak Minggu (30/08) menerima kedatangan jamaah dari Madinah yang telah menyelesaikan ibadah Arbain. Jumat (4/9/2015) direncanakan akan kembali masuk ke Mekah dar Madinah sebanyak 13 kloter.

“Kami sudah antisipasi peningkatan kedatangan. Kalau gelombang pertama setiap hari hanya 10 sampai 11 kloter, dengan adanya gelombang kedua meningkat sampai 24 kloter perhari,” ucapnya

Selain itu, pemondokan jemaah selama berada di Mekah pun sudah siap. Hotel sekelas bintang 3 dan 4 siap menampung tamu Allah yang akan menjalankan ibadah haji “Yang kita dengar, jamaah (gelombang 1) merasa puas. Mudah-mudahan pada saat gelombang 2 datang mereka juga merasakan hal yang sama,” ungkapnya.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved