PDIP Sebut Proses PAW Puan dan Tjahjo Telah Dilakukan Sejak Terpilih Menteri

PDI Perjuangan menegaskan proses pergantian antar waktu (PAW) Puan Maharani dan Tjahjo Kumolo telah dilakukan

PDIP Sebut Proses PAW Puan dan Tjahjo Telah Dilakukan Sejak Terpilih Menteri
Ist
Menko PMK Puan Maharani menjadi keynote speaker Rakornas Iptek 2015 di Jakarta, Selasa (4/8/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PDI Perjuangan menegaskan proses pergantian antar waktu (PAW) Puan Maharani dan Tjahjo Kumolo telah dilakukan sejak awal terpilih menjadi menteri.

Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah mengaku telah melihat surat dokumen pengunduran diri mereka di sekratariat Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.

"Namun, karena masih ada masalah mengenai siapa calon penggantinya proses PAW tersebut menjadi terkendala karena proses pengusulan pemberhentian seseorang dari jabatan anggota DPR oleh DPP Partai kepada KPU harus dibarengi dengan usulan nama calon pengganti antar waktunya," kata Basarah di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Sedangkan, kata Basarah, terdapat persoalan di daerah pemilihan Puan Maharani mengenai siapa yang akan diajukan oleh DPP PDIP sebagai calon PAW DPR mereka berdualah yang membuat prosesnya menjadi terhambat hingga hari ini.

Anggota Komisi III DPR itu menuturkan keterlambatan proses PAW anggota FPDIP DPR RI bukan hanya dialami oleh calon anggota pengganti Puan maupun Tjahjo Kumolo di DPR. Tetapi juga dialami oleh Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira

Dalam sengketa pemilu legislatif 2014 lalu, Andreas sudah diputuskan oleh Mahkamah Partai dan oleh pleno DPP sebagai anggota DPR RI. Namun, karena UU MD3 mengatur sangat kaku perihal pergantian antar waktu anggota DPR tersebut sehingga nasib Andreas Pareira juga masih terkatung-katung hingga saat ini.

"Saya kira hal ini adalah salah satu kelemahan UU MD3 yang berlaku saat ini. Kami berharap, mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama lagi masalah PAW DPR di lingkungan Fraksi PDIP tersebut sudah bisa terselesaikan," ujarnya.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved