PDIP Diminta Percepat Prosses PAW Kadernya yang Jadi Menteri

Status mereka menurut Fahri harus diperjelas karena ini bukan masalah etika saja tapi sudah masuk ke masalah hukum.

PDIP Diminta Percepat Prosses PAW Kadernya yang Jadi Menteri
Tribunnews.com/Ferdinand Waskita
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah meminta Fraksi PDIP untuk segera mempercepat proses pergantian antar waktu atau PAW 3 anggotanya yang kini sudah duduk di kabinet yaitu Puan Maharani, Tjahjo Kumolo dan Pramono Anung.

Status mereka menurut Fahri harus diperjelas karena ini bukan masalah etika saja tapi sudah masuk ke masalah hukum.

“Saya menghimbau proses itu dipercepat, atau diperjelas statusnya.Tidak boleh ada rangkap jabatan, karena ini bukan soal etika saja, tapi sudah masuk masalah hukum, misal dobel budgeting. Saya himbau karena itu ada otoritas masing-masing agar dipercepat,” ujar Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (11/9/2015).

Fahri sendiri mengaku susah mengomentari hal ini, tapi menurutnya publik punya hak bertanya terkait kekosongan anggota karena bisa menyumbat aspirasi dari dapil yang bersangkutan.

”Kalau tidak ada wakilnya kan aspirasi masyarakat dari dapil yang bersangkutan tidak bisa disampaikan,” katanya.

Ditanyakan apakah sulit memproses PAW, Fahri mengatakan bahwa PAW itu dilakukan oleh yang bersangkutan dengan membuat surat pengunduran diri supaya segala macam adminstrasi dihentikan.

”Di DPP kemudian hal itu diproses dengan mengirimkan surat ke KPU bahwa yang bersangkutan telah berhenti dan kemudian surat itu di proses di kemensesneg, lalu ditembuskan DPR untuk pengumuman PAW untuk memulai admisnistrasi keuangan anggota baru,” katanya.

Sampai saat ini dua Anggota FPDIP, yaitu Tjahjo Kumolo yang sekarang menjabat sebagai mendagri dan Pramono Anung sebagai sekretaris kabinet belum juga diproses meski keduanya mengaku sudah mengundurkan diri dari DPR.

Lain halnya dengan Ketua Bapilu PDIP, Puan Maharani yang kini menjabat sebagai Menko PMK. Puan diketahui sampai saat ini masih belum mengundurkan diri dari DPR dan masih menjadi Ketua Bapilu PDIP.

Penulis: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved