Theo L Sambuaga: ICAPP Digelar Sekaligus Memperingati Asian African Day

Theo L Sambuaga menegaskan, Partai Golkar dan PDIP sebagai tuan rumah forum Internasional Conference of Asian Political Parties.

Theo L Sambuaga: ICAPP Digelar Sekaligus Memperingati Asian African Day
TRIBUNNEWS.COM/FITRI WULANDARI
Politikus Partai Golkar, Theo L Sambuaga 

Laporan wartawan tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Theo L Sambuaga mengungkapkan, Partai Golkar dan PDIP sebagai tuan rumah forum Internasional Conference of Asian Political Parties.

Forum ini dimaksudkan untuk menjalin komunikasi dengan partai politik di dunia terkait 26th Standing Commitee Meeting and 1st Trilateral Meeting Among ICAPP, COPPPAL and CAPP.

"Kami dengan para delegasi menjalin komunikasi yang baik, tentang informasi perkembangan dan pertumbuhan di masing-masing negara," ujar Theo saat ditemuu di Ballroom 1, Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Ia menjelaskan, hubungan bilateral dan multilateral terkait dengan kerjasama antar parpol dan negara harus diperhatikan ketika membuat aturan atau kebijakan.

"Partai mendorong supaya terjadi hubungan yang makin erat baik secara bilateral maupun multilateral antar negara-negara yang berkumpul disini, kerjasama ekonomi, perdagangan, ilmu pengetahuan, dan informasi," paparnya.

 Theo menambahkan, hal yang mendasari digelarnya forum internasional tersebut hari ini, salah satunya karena peringatan Hari Ulang Tahun Asia Afrika yang jatuh setiap tanggal 24 april.

"Satu hal yang penting, kita ini melaksanakan sekaligus memperingati hari ulang tahun Asia-Afrika (Asian-African Day). 61 tahun yang lalu,  dilaksanakan Konferensi Asia Afrika yang melahirkan Dasasila Bandung," lanjut Theo.

"Jadi, semangat trilateral pertemuan ini berangkat dari Dasasila Bandung, sekaligus memperingati hari Asia Afrika.Danmendorong meningkatkan kerjasama antar partai dan antar negara," tambahnya.

Lebih dari 40 delegasi mewakili 4 benua yang hadir dalam forum tersebut. 24 dari Asia, 13 dari Afrika, 4 hingga 5 dari Amerika Latin, dan 3 dari Eropa.

Sementara negara-negara yang hadir dalam acara ini antara lain, Kamboja, Filipina, Myanmar, Thailand, Korea, Pakistan, Azerbaijan, Nepal, Turki, Iran, India, Vietnam.

Kemudian Lebanon, Malaysia, Rusia, Mongolia. Dari Amerika Latin diwakili oleh Argentina, sedangkan yang mewakili Afrika adalah delegasi dari Somalia, Kenya, Sudan, Tunisia, dan Zimbabwe.

Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved