Susi Wacanakan Penangkapan Ikan Ilegal Jadi Kejahatan Transnasional

Susi menjelaskan bahwa kapal asing yang masuk ke Indonesia tidak jarang juga membawa narkoba

Susi Wacanakan Penangkapan Ikan Ilegal Jadi Kejahatan Transnasional
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan keterangan pers terkait Reklamasi Teluk Jakarta di Rumah Dinas Menteri KKP, Jakarta, Jumat (15/4/2016). Dalam keterangannya, Susi Pudjiastuti menginginkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghentikan proyek reklamasi Teluk Jakarta terlebih dahulu sampai memenuhi aturan perundangan yang telah disyaratkan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyampaikan akan pergi ke Wina, Austria untuk pertemuan antar negara dan membawa isu mengenai dijadikannya penangkapan ikan secara ilegal menjadi kejahatan transnasional.

"Tanggal 21 Mei 2016, saya akan di Wina untuk mengarahkan illegal fishing ini menjadi transnational organized crime, karena kapal-kapal asing ini yang masuk bukan hanya tangkap ikan saja," ujarnya di Kantor Kemenhan, Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Susi menjelaskan bahwa kapal asing yang masuk ke Indonesia tidak jarang juga membawa narkoba, bahkan melakukan penjualan manusia dari Indonesia ke negara lain, atau sebaliknya tanpa diketahui oleh keamanan laut.

"Kita jujur, banyak sekali bobol untuk masalah kapal asing yang masuk ke Indonesia. Jadi tidak boleh terus dibiarkan," katanya.

Senada dengan Susi, Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso yang ditemui di Kantor Menkopolhukam, Senin (9/5) malam mengatakan bahwa pengiriman narkoba masuk ke Indonesia lebih banyak melalui jalur laut.

"Paling banyak memang lewat laut. Ini jadi permasalahan ketika zat pemula pembuatan narkotika dikirim dan tidak diketahui," ujarnya.

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved