Bakamla RI

Bakamla RI ‘Duet’ dengan THAI-MECC

Bakamla RI mengirimkan sejumlah Delegasi untuk mengikuti 1st Bilateral Meeting dengan Thailand Maritime Enforcement Coordinating Center (THAI-MECC)

Bakamla RI ‘Duet’ dengan THAI-MECC
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/HUMAS BAKAMLA
Bakamla RI mengirimkan sejumlah Delegasi untuk mengikuti 1st Bilateral Meeting dengan Thailand Maritime Enforcement Coordinating Center (THAI-MECC), di Royal Thai Navy Head Quarters dan dilanjutkan di THAI-MECC Information Center, Bangkok, Thailand, Rabu (13/7/2016). TRIBUNNEWS.COM/HUMAS BAKAMLA 

Laporan Humas Bakamla RI 

TRIBUNNEWS.COM, BANGKOK, Humas Bakamla RI. Kamis, 14 Juli 2016 - Bakamla RI mengirimkan sejumlah Delegasi  untuk mengikuti 1st Bilateral Meeting dengan Thailand Maritime Enforcement Coordinating Center (THAI-MECC), di Royal Thai Navy Head Quarters dan dilanjutkan di THAI-MECC Information Center, Bangkok, Thailand, beberapa hari lalu.

 

Delegasi Bakamla RI dipimpin  Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksma TNI Andi Achdar, didampingi Kasubdit Perencaan dan Evaluasi Operasi Laut Bakamla RI Kolonel Laut (P) Eko Hadriyadi Usodo, Atase Laut untuk Kedutaan Besar Indonesia di Bangkok, Thailand, Kolonel Laut (T) Hidayaturahman, serta Kasi Kerjasama Multilateral dan Organisasi Internasional Bakamla RI Mayor Maritim Hudiansyah Is Nursal.

 

Kedatangannyapun disambut hangat oleh Deputy Director General Naval Operation Rear Admiral Wannapol Glormgleao, dan Director of THAI-MECC beserta seluruh jajaran Perwira Senior THAI-MECC. 

 

Dalam sambutannya, Rear Admiral Wannapol berharap pertemuan bilateral antara Bakamla RI dengan THAI-MECC yang pertama ini dapat meningkatkan kerjasama antara kedua instansi.

 

Sementara itu, Laksma TNI Andi Achdar juga berharap pertemuan ini dapat menjadi inisiatif bagi kedua instansi untuk mengeksplor hal-hal yang dapat dikerjasamakan antara kedua instansi yang memiliki kewenangan penegakan hukum di masing-masing negara dan menjadi forum untuk meningkatkan kepercayaan serta confidence antar kedua instansi.

 

Pada pertemuan ini, Bakamla RI dan THAI-MECC saling bertukar pandangan terhadap situasi keamanan maritim di kawasan Asia Tenggara.  Selain itu, Bakamla RI dan THAI-MECC juga bertukar pengalaman terhadap proses transformasi dari badan koordinasi menjadi badan yang memiliki kewenangan operasional.  Dalam pertemuan ini juga kedua pihak sepakat untuk kedepannya menyusun kerangka kerjasama formal dalam bentuk MOU, menunjuk Point of Contact antar kedua intansi, bertukar informasi tentang keamanan laut, dan menyelenggarakan pertemuan rutin tiap tahunnya. Pada akhir kegiatan Bilateral Meeting ini, Bakamla mendapat kesempatan untuk mengujungi THAI-MECC Information Center dan bertukar pengalaman dalam rangka mengelola dan bertukar informasi keamanan laut antar instansi yang memiliki kewenangan pemantauan laut. (*)

Editor: FX Ismanto
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved