Kepada Jokowi, Mahasiswa yang Kuliah di China Ini Keluhkan Sulitnya Jadi Dokter di Indonesia

Ariawan, mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi kedokteran mengeluhkan banyaknya kesulitan jika ingin mengabdi di Indonesia

Kepada Jokowi, Mahasiswa yang Kuliah di China Ini Keluhkan Sulitnya Jadi Dokter di Indonesia
Harian Warta Kota/henry lopulalan
Presiden Joko Widodo 

TRIBUNNEWS.COM, SHANGHAI - Ariawan, mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi kedokteran mengeluhkan tentang kesulitan yang dihadapinya bila akan mengabdi sebagai dokter di Indonesia.

Kepada Presiden Jokowi yang sedang berkunjung ke China, ia mengaku mengalami kesulitan karena banyaknya aturan yang dihadapi oleh lulusan fakultas kedokteran dari perguruan tinggi di luar negeri.

Terhadap permasalahan tersebut, Presiden menjelaskan bahwa dirinya telah mengetahui masalah yang dihadapi oleh mahasiswa kedokteran yang menimba ilmu di luar negeri.

"Masalah kedokteran tidak hanya urusan mahasiswa di sini (Tiongkok). Saat berkunjung ke Rusia keluhannya sama, Amerika Serikat sama. Bukan aturan yang ada di pemerintah. Aturan ini yang banyak dari organisasi. Inilah yang baru dalam proses dan akan kita selesaikan," imbuh Presiden.

Diaspora Indonesia 

Indah, warga Aceh yang tengah menempuh studi jurnalistik komunikasi meminta nasihat Presiden jika dirinya kelak kembali ke Indonesia.

"Mahasiswa kalau pulang, ya pulang saja," jawab Presiden.

Tentunya bagi mereka yang tengah menimba ilmu maupun bekerja di luar negeri, jika ingin kembali dan bekerja di Indonesia harus mempersiapkan keahlian dan keterampilan dalam mengelola berbagai hal.

"Kalau yang di sini, misalnya sudah bekerja di Alibaba. Pulang ke Indonesia buatlah Alibaba Indonesia," kata Presiden.

Presiden menceritakan saat dirinya berkunjung ke Silicon Valley di mana terdapat 70 warga Indonesia yang bekerja di Google.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved