Ibadah Haji 2016

106 Jamaah Haji Sedang Jalani Prosedur Pemulangan di Filipina

106 jamaah haji yang telah menunaikan ibadahnya dan kini berada di KBRI Manila

106 Jamaah Haji Sedang Jalani Prosedur Pemulangan di Filipina
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
CJH DIPULANGKAN - Sebanyak 12 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Jatim yang sempat tertahan di Filipina terkait dugaan penggunaan visa palsu saat tiba di Terminal 1 (T1) Bandara Internasional Juanda, Minggu (4/9/2016) malam. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan saat ini pihaknya tengah memantau proses penyelesaian prosedur pemulangan yang dilakukan sebanyak 106 jamaah haji dari Arab Saudi ke Indonesia melalui Filipina.

"Saat ini sudah ada 106 jamaah yang saat ini mereka berada di KBRI Manila untuk menjalani proses clearance," ujar Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/10/2016).

Retno menjelaskan, 106 jamaah haji yang telah menunaikan ibadahnya dan kini berada di KBRI Manila merupakan bagian dari 700 jamaah haji Indonesia yang kabarnya menuju ke Arab Saudi menggunakan paspor Filipina.

"Yang dulu angka yang diperkirakan otoritas Filipina kan sekitar 700, tapi kan kita tidak pernah tahu angka tepatnya. Jadi sekarang yang sudah ada yang ditangani KBRI adalah 106, sedang dalam proses," ucap Retno.

Retno mengaku dirinya baru saja menghubungi KBRI Manila bahwa KBRI sedang menyiapkan dokumen Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).

"Jadi seperti proses yg sebelumnya tapi dipercepat. Mereka bisa kembali setelah ada clearance dari imigrasi dan setelah itu dikeluarkan dokumen SPLP karena pasport rata-rata saya kira semuanya tidak berada di tangan mereka," kata Retno.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved