Gempa di Aceh

Terkait Gempa Aceh, PMI: Donasi Kita Buka Terus Ya, Kita Perlu Tangani Traumatik

Ketua Bidang Dana dan Prasarana Palang Merah Indonesia (PMI) Johnny Darmawan mengatakan pihaknya akan terus membuka donas

Terkait Gempa Aceh, PMI: Donasi Kita Buka Terus Ya, Kita Perlu Tangani Traumatik
Johnny Dharmawan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Bidang Dana dan Prasarana Palang Merah Indonesia (PMI) Johnny Darmawan mengatakan pihaknya akan terus membuka donasi untuk korban gempa Aceh.

Masih dibukanya donasi tersebut lantaran menurutnya masalah utama yang terjadi saat terjadi gempa adalah penanganan pasca gempa terjadi.

"Kita buka terus ya, karena masalahnya tidak hanya habis gempa, tetapi sesudah gempa, ini kan kita ada traumatic," kata Johnny, saat ditemui di McDonald's Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (9/1/2017).

Bila penanganan para korban telah selesai dilakukan, maka pihaknya akan melaporkan pada para donatur terkait penggunaan dana tersebut.

Menurutnya, transparansi pada para donatur itu demi menjaga kepercayaan dari pihak yang selama ini menyalurkan dana melalui PMI.

"Nanti setelah semua selesai, baru kita akan sampaikan kepada donatur-donatur bahwa dana ini kita pakai untuk apa aja, berapa aja dipakainya," jelas Johnny.

Bila penanganan korban serta pelaporan rincian alokasi dana telah dilakukan, maka nantinya sisa donasi tersebut akan dibahas dengan para donatur.

Semua keputusan terkait penggunaan sisa donasi akan diserahkan pada donatur.

"Selebihnya, itu nanti kita minta restu apakah nanti masuk ke dana biasa?, jadi sebagai (dana) kas dari PMI, biasanya kita lakukan itu," kata Johnny.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved