Breaking News:

Hirup Udara Bebas, Andi Mallarangeng Masih Wajib Lapor Sebulan Sekali

Menurut Dedi, mantan politisi Partai Demokrat itu pada 2015 juga sempat memperoleh remisi selama tiga bulan.

TRIBUN/DANY PERMANA
Andi Mallarangeng. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Mantan Menpora, Andi Alfian Mallarangeng, akhirnya menghirup udara bebas.

Terpidana empat tahun penjara kasus korupsi proyek pembangunan wisma atlet Hambalang itu meninggalkan Lapas Sukamiskin, Bandung, tempat ia ditahan pada Jumat (21/4) sore.

"Beliau (Andi Mallarangeng, red) sudah meninggalkan lapas sekitar 16.30. Beliau bebas setelah memperoleh cuti menjelang bebas (CMB) selama tiga bulan," kata Kalapas Sukamiskin, Dedi Handoko, melalui ponselnya, Jumat (21/4).

Menurut Dedi, mantan politisi Partai Demokrat itu pada 2015 juga sempat memperoleh remisi selama tiga bulan. Dengan memperoleh remisi seperti itu, Andi seharusnya bebas murni pada Juli 2017.

"Jadi pada 17 Agustus 2015, beliau pernah mendapatkan remisi dasawarsa selama tiga bulan. Dengan remisi itu, beliau bebas murni pada Juli nanti. Nah sekarang beliau mendapatkan CMB selama tiga bulan," kata Dedi.

Menurut Dedi, begitu keluar dari Lapas Sukamiskin, pria berkumis tebal itu terlebih dahulu melapor ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Klas I Bandung di Jalan Ibrahim Adjie. Dalam proses pembebasan itu, kata Dedi, Andi dijemput para kerabatnya.

"Informasi yang saya dapatkan, beliau langsung pulang ke Jakarta," ujar Dedi.

Meski sudah dinyatakan bebas dari penjara, menurut Dedi, Andi tetap harus melapor ke Bapas selama proses CMB-nya berlaku hingga masa bebas murninya tiba. Pelaporan ke Bapas harus dilakukan Andi setiap bulan.

Seperti diketahui, Andi Alfian Mallarangeng divonis hukuman pidana penjara selama empat tahun oleh pengadilan tingkat pertama.

Putusan itu dikuatkan di tingkat banding dan tingkat kasasi. Selain itu, Andi juga dikenai denda Rp 200 juta subsider 2 bulan penjara.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved