Breaking News:

Mudik Lebaran 2017

Tol Brebes Timur-Grising Diharapkan Jadi Solusi Kurangi Kepadatan Brexit

Jalur ini menjadi salah satu cara mencegah macet ketika arus mudik maupun balik di Brebes Exit (Brexit).

regional.kompas.com
Ini Daftar 17 Orang yang Meninggal dalam Arus Mudik di Brebes 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah yang dimulai dari Brebes Timur hingga Gringsing, Batang akan menjadi jalan bebas hambatan fungsional yang dibuka 19 Juni 2017 nanti.

Jalur ini menjadi salah satu cara mencegah macet ketika arus mudik maupun balik di Brebes Exit (Brexit).

"Jalur ini dibangun sepanjang 110 kilometer, kami dari pemerintahan memang betul-betul serius (jalan) ini menjadi solusi kepadatan Brexit tahun lalu. Brexit tahun lalu padat dan ini adalah bocorannya," kata Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa lewat pesan kepada wartawan, Kamis (15/6/2017).

Saat ini marka jalan dan lampu penerangan masih minim. Begitu juga kondisi jalan yang bergelombang. Pasalnya aspal hanya tersedia untuk dua lajur serta fasilitas rest area dan tempat istirahat juga minim.

"Beberapa jembatan juga masih dalam pengerjaan. Jembatan itu masih berupa besi dan belum diaspal," katanya.

Menurutnya, debu jalanan juga berhamburan di sejumlah titik dan menggangu pandangan.

"Penjelasan dari Jasa Marga, PUPR, Waskita yang mengerjakan beberapa proyek tol fungsional ini itu akan dibersihkan pada saat mudik tanggal 19 atau 20 Juni sudah clear," katanya.

Dirinya menjelaskan, pembangunan rest area di setiap 10 kilometer, tengah dikebut.

"Untuk bensin dari Pertamina menyanggupi dan memberikan komitmen setiap rest area menyediakan bensin sementara atau portabel mulai dari 10 liter, 5 liter hingga 2 liter dalam kemasan gitu atau kalengan. Tapi kalau di jalan Pantura itu banyak," katanya.

Irjen Royke mengatakan, ada sekitar 26 titik perlintasan jalan warga di sepanjang jalur ini. Karena itu, polisi akan disiagakan selama 24 jam.

"Dari Gringsing 26 titik itu akan dijaga petugas, Polda Jateng sudah siap pagar betis 24 jam, itu akan ditutup. Kalau di sini padat akan dikeluarkan ke Pantura," katanya.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved