Persiapan Pemindahan Ibu Kota RI Dimulai 2018

Pemerintah menargetkan kajian pemindahan ibukota selesai di 2017. Sedangkan persiapan akan dimulai pada 2018.

Persiapan Pemindahan Ibu Kota RI Dimulai 2018
adiatmaputra Fajar
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Senin (12/6/2017) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah menargetkan kajian pemindahan ibukota selesai di 2017. Sedangkan persiapan akan dimulai pada 2018.

"2018 itu hanya proses persiapan," ujar Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro, di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Bambang memaparkan jika kajian selesai tahun ini maka di 2018 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menyiapkan desain. Tujuannya untuk melihat skema pembangunan infrastruktur untuk wilayah pusat pemerintahan yang baru di luar pulau Jawa.

"Menteri PU siapkan engineering design nya. Kemudian persiapan-persiapan untuk pemindahan," ungkap Bambang.

Mantan Menteri Keuangan itu menyebut proses pemindahan ibukota dari Jakarta ke beberapa kota di Kalimantan direncanakan selama empat sampai lima tahun.

"Ya minimal bisa empat sampai lima tahun," kata Bambang.

Bambang menambahkan Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar kajian pemindahan ibukota harus lengkap. Sehingga kota yang terpilih bisa mewakili seluruh Indonesia.

"Presiden minta dilakukan kajian mendalam dan keinginannya agar kota yang terpilih mencerminkan model kota yang ideal buat Indonesia," papar Bambang.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved