Sistem Samsat Online Akhirnya Diterapkan di Tujuh Provinsi

Tujuh Provinsi telah meresmikan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) secara online.

Sistem Samsat Online Akhirnya Diterapkan di Tujuh Provinsi
Mobil Samsat yang Baru di Launching 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Demi memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat hari ini sebanyak tujuh Provinsi telah meresmikan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) secara online. 

Nantinya, kehadiran Samsat online (e-Samsat) ini mampu melayani berbagai pelayanan seperti pembayaran pajak kendaraan bermotor, Asuransi Jasa Raharja, dan pengesahan STNK Tahunan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa menyatakan dalam penerapan sistem e-Samsat juga akan menggandeng beberapa bank swasta maupun negeri.

"Ini adalah upaya Polri dan pembina Samsat lainnya serta pihak perbankan dalam rangka mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada para masyarakat," ujar Royke dalam penandatanganan MoU tentang e-Samsat di Hotel Sahid, Jakarta Selatan, Kamis (7/9).

Menurutnya, dari ke tujuh Provinsi yang sudah sepakat bekerjasama menerapan sistem e-Samsat ini adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. 

Untuk mempermudah dan mempercepat e-Samsat ini baru akan diberlakukan pada Oktober 2017 mendatang.

"Saat ini pelayanan samsat online kepada masyarakat telah terintegrasi dan terpusat di Korlantas Polri dengan samsat di tujuh provinsi," ucap Royke.

Dirinya berharap ke tujuh provinsi ini dapat menjadi contoh kepada daerah lain. Sehingga nantinya sistem e-Samsat bisa diberlakukan di seluruh Indonesia.

"Kami lakukan dengan memanfaatkan sistem aplikasi dari masing-masing provinsi sehingga pembayaran PKB dan lain-lain dapat dilakukan di mana saja," katanya.

"Selama ini kan pembayaran tersebut dilakukan secara offline. Pada masing-masing samsat setempat," tambahnya.

Karenanya, pihak Korlantas Polri, Jasa Raharja, perwakilan Pemerintah Daerah (Pemda) tujuh pronvinsi, dan beberapa bank swasta dan negeri menandatangani nota kesepahaman atau MoU serta perjanjian kerjasama samsat online. 

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Otomotif Net
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved