Breaking News:

Menhan Serukan Negara-negara ASEAN Tetap Kompak

Ryamizard juga meminta hal-hal yang bisa memancing konflik serta melemahkan hubungan antar negara ASEAN dapat dihindari.

Nurmulia Rekso Purnomo/Tribunnews.com
Menteri Pertahanan (Menhan) AS, James Mattis, (kiri), Menhan RI, Ryamizard Ryacudu, di acara ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM)-Plus, di Filipina, Senin (23/10/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --- Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menyerukan negara-negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) bersatu.

Ryamizard juga meminta hal-hal yang bisa memancing konflik serta melemahkan hubungan antar negara ASEAN dapat dihindari.

Ia menyebut negara-negara di Asia Tenggara, harus terbuka satu sama lain, agar tercipta pengertian, dan menghindari kecurigaan yang bisa berujung pada peperangan.

Baca: Jakarta Diguyur Hujan Deras, Genangan Muncul di Lenteng Agung dan Pejaten

"Perlunya kterbukaan untuk berbagi informasi bagi kepentingan bersama, guna menghindari upaya-upaya yang ingin memecah persatuan ASEAN," kata Ryamizard dalam sambutannya di acara ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) plus, di Filipina, Senin (23/10/2017),

Indonesia, kata Ryamizard, sudah melakukan berbagai upaya, agar hubungan antar negara-negara ASEAN tetap rekat.

Baca: Temui Aktivis Perempuan, Kapolri Klarifikasi Wawancaranya Soal Pemerkosaan di BBC

Hal itu antara lain dilakukan dengan menggelar forum-forum dengan negara terkait, mengenai isu tertentu di kawasan.

Sebagai contoh, Indonesia sudah beberapa kali menggagas pertemuan dengan perwakilan Malaysia dan Filipina, untuk membahas ancaman terorisme di FIlipinna Selatan pada Juni lalu.

Acara tersebut ditindaklanjuti dengan operasi patroli bersama, antara Indonesia, Filipina dan Malaysia, untuk mengantisipasi ancaman di Filipina Selatan.

"Dan tahap berikutnya akan dilaksanakan latihan, kemudian ooperasi darat ketiga negara, dengann waktu dan tepat yang belum ditentukan," kata Ryamizard.

Editor: Ferdinand Waskita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved