'Piala Dunia' Pramuka Resmi Dibuka Adhyaksa Dault

Kegiatan yang dikuti oleh 526 peserta dari 34 provinsi ini dibuka langsung oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault.

'Piala Dunia' Pramuka Resmi Dibuka Adhyaksa Dault
Tribunnews.com/Rina
Peserta Lomba Tingkat Lima (LT-V) Kwarnas Gerakan Pramuka resmi dibuka pada (Senin, 23/10) pagi di Lapangan Kempi 2, Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur 

Laporan Wartawan Tribunnews.com,Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lomba Tingkat Lima (LT-V) Kwarnas Gerakan Pramuka resmi dibuka pada (Senin, 23/10) pagi di Lapangan Kempi 2, Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur.

Kegiatan yang dikuti oleh 526 peserta dari 34 provinsi ini dibuka langsung oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault.

Ibarat pertandingan sepakbola, LT-V adalah 'Piala Dunianya' Pramuka.

"LT-V diikuti oleh regu penggalang berprestasi tinggi yang telah melewati 4 Lomba Tingkatan yang dimulai dari gugus depan, kwartir kecamatan, cabang kota, dan kwartir Daerah atau Provinsi," ujar Adhyaksa Dault.

Baca: Video Bocah Kocak Isengi Alexis Sanchez di Goodison Park

Kegiatan diikuti peserta berusia 11-15 tahun dan diharapkan menjadi elemen penting dalam gotong royong.

"Perkuat persaudaraan dan jaringan di LT-V ini, perbanyak berfikir dan berbuat untuk kepentingan nasional, ketimbang berfikir dan berbuat untuk diri sendiri dan golongan, " tegas Adhyaksa.

Sebanyak 34 lomba akan diadakan selama 22-28 Oktober 2017, diantaranya lomba meramu obat, penjelajah rimba, penggunaan media sosial, halang rintang, hingga kreasi seni.

"Kegiatan ini merupakan perpaduan kegiatan pembinaan mental, fisik, budaya, dan seni. Kata kunci anak Pramuka adalah peduli, peduli sesama, peduli lingkungan, peduli pada diri sendiri. LT-V membentuk adik-adik memiliki daya tahan mental yang baik, peduli, kemudian bahagia," ujar Kepala Pusdiklatnas Gerakan Pramuka.

Adhyaksa mengatakan dalam LT-V ini tidak ada kata Juara.

Kata juara tidak dipakai karena ingin menghindari juara sebagai tujuan satu-satunya.

"Ini khasnya LT-V, LT-V sarat akan nilai-nilai pendidikan. Juara bukan tujuan utama, melainkan proses dan nilai-nilai persaudaraan yang lebih dikedepankan," ujar Adhyaksa.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved