Breaking News:

Polemik Panglima TNI

Respon Presiden Soal Insiden Panglima TNI: Ya Sudah, Tidak Usah Berangkat!

“Saya tugas ke Amerika Serikat atas perintah Presiden,” ujar Gatot Nurmantyo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

KOMPAS.com/Kristian Erdianto
Panglina TNI Jenderal Gatot Nurmantyo usai memimpin upacara dan tabur bunga di atas KRI dr. Soeharso-990 saat mengarungi perairan Selat Sunda, Banten, Selasa (3/10/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengungkapkan, rencana kunjungannya ke Amerika Serikat pada Minggu (22/10/2017) kemarin bukan atas inisiatifnya sendiri.

“Saya tugas ke Amerika Serikat atas perintah Presiden,” ujar Gatot Nurmantyo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Dengan demikian, lanjut Gatot, inisiatif menghadiri acara Chiefs of Defence Conference on Country Violent Extremist Organizations (VEOs) yang akan digelar dua hari pada 23 dan 24 Otober 2017 di Washington DC tersebut untuk mewakili Pemerintah Indonesia.

Karena itu, ketika ia tidak diperbolehkan masuk ke Amerika Serikat, dirinya langsung melaporkan hal tersebut kepada Presiden Jokowi dan sejumlah menteri terkait.

“Begitu saya tidak bisa berangkat saya lapor juga ke Presiden. Lapor ke Menkopolhukam dan Menlu,” kata Gatot.

Baca: Aksi Damai Tolak Perppu Ormas di Depan DPR RI, Jalan Gatot Subroto Masih Dibuka

Baca: Dituntut Penjara 8 Tahun, Miryam S Haryani Langsung Kecewa Berat

Gatot kemudian menjelaskan tanggapan Presiden atas laporannya itu, bahwa Presiden memerintahkan dirinya agar membatalkan untuk menghadiri acara tersebut.

“Ya kenapa terjadi seperti itu. Ya sudah tidak usah berangkat,” tutur Gatot menirukan ucapan Presiden kepadanya.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved