Gelar Pahlawan Nasional

Diusulkan Pahlawan, Kakek Anies Baswedan Tinggal Tunggu Persetujuan Jokowi

Dari nama-nama itu, Khofifah menyebut diantaranya ada nama kakek Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Diusulkan Pahlawan, Kakek Anies Baswedan Tinggal Tunggu Persetujuan Jokowi
/
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, didampingi Wantimpres Sri Adiningsih dan Deputi Menteri PPN Bidang Kemaritiman dan SDA Bapppenas Arifin Rudiyahnto, menjadi pembicara acara "Temu Nasional" dunia Usaha dan Filantropi, Kamis (26/10/2017) berlangusng di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Hadir para peserta diantaranya dari unsur pemerintah pusat/daerah, usahawan, filantropis, organisasi sosial kemasyarakatan, akademisi serta undangan lainya. TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa hari ini, Kamis (26/10/2017) telah diusulkan sembilan nama untuk Dianugerahi gelar pahlawan kepada Presiden Joko Widodo.

Dari nama-nama itu, Khofifah menyebut diantaranya ada nama kakek Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Abdurrachman Baswedan atau AR Baswedan.

"Ada juga yang kita masukkan kakeknya Pak Anies Baswedan," ujar Khofifah di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Khofifah menjelaskan, nama AR Baswedan sudah melalui pengkajian di Tim Pengkaji dan Penilai Gelar Pahlawan (TP2GP) Kementerian Sosial dan di Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Tidak hanya nama AR Baswedan, Khofifah mengungkapkan nama Presiden Abdurrachman Wahid atau Gus Dur juga diusulkan kepada Jokowi hari ini.

Baca: RSIA BUN Rawat 48 Korban Kebakaran Gudang Petasan Tangerang

Nama Gus Dur dan AR Baswedan merupakan diantara nama yang pada tahun sebelumnya telah selesai di TP2GP dan Dewan Gelar, namun tidak kunjung menerima anugerah tersebut.

Sembilan nama calon penerima anugerah tersebut merupakan campuran dari rekomendasi tahun sebelumnya, yakni lima nama dan tahun ini, yakni empat nama.

"Jadi pokoknya yang dulu sudah selesai, tapi belum mendapatkan anugerah gelar pahlawan kita masukkan semuanya," ucap Khofifah.

Untuk empat nama baru yang direkomendasikan pada tahun ini yaitu Laksamana Malahayati dari Aceh, Mahmud Marzuki dari Riau, Tuan Guru KH Muhammad Zainudin Abdul Madjid (Tuan Guru Pancor) dari NTB dan Lafran Pane dari Yogyakarta.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved