Senam Sehat GERMAS Diikuti 120 Ribu Orang Pecahkan Rekor Dunia

Tercatat 120 ribu orang melaksanakan senam sehat bersama. Jumlah ini bukan hanya memecahkan rekor MURI tetapi juga rekor dunia.

Senam Sehat GERMAS Diikuti 120 Ribu Orang Pecahkan Rekor Dunia
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ribuan orang mengikuti acara Jalan Sehat Tribun Jabar Kejar Rejeki Enaak yang diselenggarakan oleh Susu Cap Enaak di kawasan Balai Kota Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Minggu (3/3/2013). Acara yang diikuti lebih dari 3 ribu orang tersebut juga digelar acara senam sehat dan pembagian doorprize 2 buah sepeda motor, sepeda dan hadial lainnya. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), sebuah gerakan bersama masyarakat untuk melaksanakan hidup sehat, menyelenggarakan senam sehat bersama se-Indonesia, Minggu (12/11/2017) kemarin.

Meski baru dibentuk, ternyata GERMAS berhasil memecahkan rekor dengan melaksanakan senam sehat secara serentak di 34 Provinsi di Indonesia.

Tercatat 120 ribu orang melaksanakan senam sehat bersama. Jumlah ini bukan hanya memecahkan rekor MURI tetapi juga rekor dunia.

Khusus untuk DKI Jakarta, diselenggarakan senam massal di Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Jalan Iman Bonjol, Jalan Sudirman, Jalan Thamrin dan sekitarnya, yang diikuti sekira 22.000 orang.

Baca: Senyum Miryam Berubah Seketika Kala Hakim Memvonisnya 5 Tahun Penjara

Menurut Jaya Suprana, perwakilan MURI, kegiatan ini merupakan rekor dunia senam peranggan kesehatan terbesar yang pernah terjadi.

Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek, pun akhirnya menerima piagam MURI langsung dari Jaya Suprana, berkat aksi senam sehat ini.

Senam sehat bersama ini diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53.

Nila F Moeloek mengatakan kegiatan Peringatan HKN ke-53 ini mengambil tema 'Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku'.

"Kegiatan ini sekaligus HKN ke-53 mengajak kita yakni masyarakat untuk hidup sehat dengan banyak makan buah dan sayur, serta berolah raga yang teratur," ujar Nila Farid Moeloek, pada wartawan, di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (12/11) kemarin.

Acara senam sehat ini juga dimeriahkan dengan lomba gerak jalan sehat sebanyak 23 Tim dari Kementerian dan Lembaga.

Ada pula bazar buah dan sayur dari berbagai unit kesehatan dan daerah, di antaranya buah jeruk dari Kabupaten Sambas.

Setelah melaksanakan senam sehat bersama, acara dilanjutkan dengan makan buah dan sayur bersama yang dihadiri oleh peserta tour Sabang - Jakarta 3000 K Indonesia Sehat.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved