Di Depan Jokowi, Oso Bilang DPD Satu-satunya Lembaga Negara yang Belum Punya Gedung

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang menyinggung ‎lembaga yang dipimpinnya hingga saat ini tidak memiliki gedung sendiri.

Di Depan Jokowi, Oso Bilang DPD Satu-satunya Lembaga Negara yang Belum Punya Gedung
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden RI Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Ketua DPD Oesman Sapta Odang (kiri) saat menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017). Sidang tersebut beragendakan penyampaian pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang menyinggung ‎lembaga yang dipimpinnya hingga saat ini tidak memiliki gedung sendiri.

Hal tersebut diungkapkan Oso, sapaan akrab Oesman Sapta, dihadapan Presiden Joko Widodo‎ dalam acara Saransehan DPD RI di gedung MPR/DPR, Jakarta, Jumat (17/11/2017).

"DPD adalah satu-satunya lembaga negara hasil reformasi yang belum mendapatkan gedung untuk melakukan fungsinya. Padahal hal ini bisa dilakukan sempurna bila kebutuhan sarana bisa dipenuhi," ujar Oso.

Baca: Anggota DPD RI Kaget Dengan Peredaran Narkoba Di Samarinda

Menurut Oso, DPD memiliki fungsi yang berperan aktif dalam seluruh tahapan proses pengawasan undang-undang terkait kepentingan daerah dalam mendukung pemerintah seperti pelaksanaan undang-undang, pelaksanaan dana transfers daerah ataupun dana desa, dan pelaksanaan otonomi daerah.

‎"Ini sesungguhnya diamanatkan diundang-undang MD3 sejak beberapa tahun yang lalu, sudah jelas bahwa perwujudan konstitusional, DPD tanggung jawab kita bersama dengan kata lain dukungan presiden," papar Oso.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved