Photopia: “Share For BRIghter Indonesia”

BRI menyelenggarakan kontes foto bertajuk Photopia: "Share for BRIghter Indonesia" dalam rangka menyambut ulang tahun BRI ke-122.

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. bekerjasama dengan Fotokita.net dan National Geographic Indonesia – Kompas Gramedia menyelenggarakan kontes foto bertajuk Photopia: “Share For BRIghter Indonesia”.

Photopia  merupakan bagian dari rangkaian acara menjelang ulang tahun Bank BRI ke-122. Kontes foto ini diikuti oleh fotografer amatir hingga professional berkewarganegaraan Indonesia dan terbagi menjadi tiga kategori: umum, wartawan dan karyawan Bank BRI.

Photopia terbagi menjadi dua platform: Kontes Foto melalui microsite, yang telah berlangsung pada tanggal 10-23 November 2017 dan Photopia FK Hotshot Competition, melalui Instagram, yang berlangsung pada tanggal 7-23 November 2017.

Pada kontes foto melalui microsite, peserta diajak untuk berbagi karya foto terbaiknya berdasarkan tema besar “Indonesia Kini” dengan 3 subtema: kultur digital, yang terbaik untuk nasabah, dan digdaya sumber daya manusia. Ketiga subtema ini dipilih karena sejalan dengan pilar dan nilai-nilai yang dimiliki oleh Bank Rakyat Indonesia.

Sedangkan untuk mengikuti kompetisi foto melalui Instagram, selain mengikuti subtema, peserta hanya perlu follow dan mention akun Instagram @bankbri_id dan @fotokitaid serta menyertakan tagar #FKHotshotxBRI #PHOTOPIA dan #IndonesiaKini.

Setelah periode unggah foto ditutup, total jumlah foto yang diterima panitia adalah sebanyak 2.100 foto, dengan pembagian 1.709 karya foto dari microsite dan 391 foto dari Instagram. Pada kompetisi melalui microsite, 1.709 foto disumbang oleh kategori umum sebanyak 1.415 foto, kategori wartawan sebanyak 160 foto dan kategori karyawan Bank BRI sebanyak 134 foto.

Penjurian dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari Arbain Rambey (Senior Editor Foto Harian KOMPAS), Yuliandi Kusuma (Editor In Chief Digital Camera Indonesia), Edi Prijono (Perwakilan Bank BRI) dan Gregorius Bhisma Adinaya (Digital Editor National Geographic Indonesia dan Fotokita).

Pejurian tahap 1 (tanggal 25-26 November 2017), tim juri memilih karya foto terbaik dari 2.100 foto menjadi 113 foto. Pada penjurian tahap 2 (27 November 2017), 113 foto disaring kembali untuk mencari 9 foto pemenang dengan rincian 3 foto dari kategori umum, 3 foto dari kategori wartawan, dan 3 foto dari kategori karyawan. Sedangkan penjurian foto melalui Instagram, juri hanya menentukan 1 foto pemenang Photopia FK Hotshot Competition.

Selain tim juri di atas, Photopia juga memberikan kesempatan kepada audience untuk menjadi juri dengan cara memilih foto dari nominasi pemenang Photopia FK Hotshot Competition saat mengunjungi Photopia Photo Exhibition melalui Instagram. Pemenang akan diumukan pada hari Senin, 11  Desember 2017.

Tidak hanya lomba foto, Photopia juga mengadakan Photopia Photo Exhibition pada tanggal 4-10 Desember 2017 di Selasar La Moda, Plaza Indonesia lantai 1, Jakarta Pusat. Selain menampilkan foto hasil karya para pemenang, pameran foto ini juga menampilkan 38 foto terbaik lainnya.

Awarding Ceremony dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 9 Desember 2017 di La Moda Café, Plaza Indonesia lantai 1, Jakarta Pusat. Dalam acara ini akan diumumkan seluruh pemenang kontes foto Photopia yang telah melewati proses penjurian ketat. (*)

Berita Populer
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved