KPK Nyatakan Kasus Korupsi Hulu Sungai Tengah Bukan Inisiasi Pihak Swasta

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo angkat bicara mengenai kasus korupsi yang menjerat Bupati Hulu Sungai Tengah Abdul Latif.

KPK Nyatakan Kasus Korupsi Hulu Sungai Tengah Bukan Inisiasi Pihak Swasta
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPK Agus Rahardjo memberi penjelasan terkait penangkapan Operasi Tangkap Tangan (OTT) Bupati Hulu Sungai Tengah di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (5/1/2018). KPK menetapkan empat orang tersangka dengan Commitment fee sebesar Rp 3,6 Miliar yang diduga sebagai uang suap pembangunan RSUD Damanhuri di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo angkat bicara mengenai kasus korupsi yang menjerat Bupati Hulu Sungai Tengah Abdul Latif.

Agus mengatakan inisiatif dari kasus dugaan pemberian uang sebagai fee proyek pembangunan ruang perawatan kelas 1, kelas 2, VIP dan Super VIP di Rumah Sakit Umum Daerah Damanhuri Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan bukan inisiasi dari pihak swasta.

Agus menuturkan pihak swasta menerima desakan dari pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk menyerahkan dana tersebut.

Baca: Kepala BKPM Minta Pemda Ubah Mindset Penguasa Menjadi Pelayan

Hal tersebut dikatakan Agus saat konferensi pers terkait Operasi Tangkap Tangan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Surabaya pada Kamis (1/1/2018).

"Kalau kita mengikuti peristiwanya. Swastanya pun kelihatannya memberikannya itu berat. Jadi didesek-desek terus untuk memberikan," kata

Agus juga mengatakan, pihak swasta yakni PT Menara Agung dan PT Sugriwa keberatan karena kedua PT tersebut belum menerima pembayaran penuh dari pemerintah.

Baca: Korsel dan Korut Bersedia Lanjutkan Pembicaraan Tingkat Tinggi Hubungan Kedua Negara

"Jadi inisiatifnya bukan dari swasta karena swasta itu juga kelihatannya belum menerima pembayaran penuh terhadap proyek yang dilakukan tapi sudah disuruh memberikan," kata Agus.

Sebelumnya, dalam kegiatan KPK tersebut, KPK mengamankan enam orang dalam Operasi Tangkap Tangan pada Kamis (4/1/2018) di Surabaya dan Hulu Sungai Tengah.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Ferdinand Waskita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved